nusabali

Pemkab Bangli Ajukan Revisi Desain Dermaga Kedisan

Desain Dermaga Minta Diisi Ornamen Bali

  • www.nusabali.com-pemkab-bangli-ajukan-revisi-desain-dermaga-kedisan

BANGLI, NusaBali
Pembangunan dermaga di kawasan Danau Batur berlanjut di tahun 2021 ini.

Namun sebelum itu, Pemkab Bangli mengajukan revisi desain bangunan dermaga. Revisi desain tersebut, agar dermaga diisi ornamen Bali, sehingga menunjukkan kearifan lokal.

Kepala Dinas Perhubungan Bangli Gede Redika mengatakan pemerintah daerah telah mengajukan perubahan desain dermaga. Pengajuan perubahan desain karena desain sebelumnya belum mencerminkan arsitektur Bali. “Untuk perubahan desain sudah kami ajukan dan Kementerian Perhubungan  menyetujui untuk mengakomodir kearifan lokal. Pengajuan langsung dipimpin bapak bupati,” kata Gede Redika, Senin (19/4).

Menurut Gede Redika, desain awal lebih menonjolkan gaya minimalis, sehingga kesannya kurang mengadopsi arsitektur Bali. Dengan dilakukan revisi akan mengadopsi arsitektur Bali pada bagian interior maupun eksteriornya. Ditanya soal perubahan desain akan berpengaruh pada anggaran, pejabat asal Batur, Kecamatan Kintamani, ini menegaskan meski dilakukan revisi tidak sampai mengubah kontruksi dan anggaran.

Pada pembangunan dermaga hanya dilakukan perubahan pada interior  dengan memanfaatkan material lokal. “Nantinya ornamen bisa memanfaatkan bahan lokal yang menunjukkan ciri khas Bangli,” tutur Gede Redika.

Gede Redika menambahkan untuk pembangunan dermaga tahap II sudah  tahap tender dan tinggal tanda tangan kontrak. “Setelah ada pemenang, tentu pembangunan dapat dilanjutkan. Untuk tahap II masih meliputi pemasangan tiang pancang,” tandasnya. *esa

Komentar