nusabali

Bandara Ngurah Rai Mulai Berlakukan Pembayaran Non Tunai

  • www.nusabali.com-bandara-ngurah-rai-mulai-berlakukan-pembayaran-non-tunai

MANGUPURA, NusaBali
Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Kelurahan Tuban, Kecamatan Kuta, Badung, secara resmi memberlakukan pembayaran tarif parkir non tunai alias menggunakan kartu, Senin (19/4).

Meski demikian, Kantor Cabang PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, selaku pengelola bandara tersibuk ke dua di Indonesia itu tetap menyediakan satu jalur khusus untuk transaksi tunai. Penyediaan satu jalur tersebut sebagai salah satu upaya untuk mengantisipasi adanya pengendara yang belum mengantongi kartu.

Pejabat Tinggi Sementara (PTS) Stakeholder Relation Manager Angkasa Pura I Andanina Dyah Pertama Megasari, mengatakan pembayaran parkir menggunakan kartu alias non tunai di Bandara Ngurah Rai, baru diberlakukan kepada pengguna kendaraan roda empat. Sementara, untuk kendaraan roda dua masih dalam tahap persiapan. “Memang benar terhitung hari ini (kemarin) kami sudah berlakukan pembayaran non tunai. Tapi, sejauh ini masih roda empat saja,” Andanina, Senin (19/4) siang.

Menurutnya, dalam pemberlakuan tarif parkir non tunai untuk kendaraan roda empat, sudah menyediakan sejumlah fasilitas. Dari total 8 akses pintu keluar dari bandara, terdapat 4 pintu menyediakan fasilitas yang menunjang pembayaran menggunakan kartu. Sementara, satu akses/pintu keluar melayani pembayaran tunai. Sebaliknya, sisa tiga akses keluar itu dipersiapkan untuk cadangan jika terjadi berbagai kendala.

“Berhubung masih dalam tahap sosialisasi dan percobaan, kami tetap menyediakan satu akses keluar tunai. Namun, ke depannya akan kami gunakan transaksi non tunai semua,” ungkap Andanina.

Dilanjutkan, penyediaan sementara akses pembayaran tunai itu untuk mengantisipasi kemacetan yang ditimbulkan pengendara yang tidak memiliki kartu. Sehingga, mereka masih bisa keluar dan menggunakan pembayaran tunai. Tapi, ke depannya pembayaran tunai tersebut akan ditiadakan. “Kami harapkan pengendara agar memperhatikan kartu untuk pembayaran non tunai nantinya. Karena tidak selamanya pembayaran tunai yang ada saat ini tetap disediakan. Jadi, sewaktu-waktu semuanya non tunai,” beber Andanina.

Sementara, untuk pembayaran non tunai kendaraan roda dua saat ini masih dalam tahap persiapan dan juga pengkajian. Hal ini dikarenakan, segala bentuk pembayaran parkir kendaraan di bandara ke depannya akan menerapkan sistem non tunai. Dengan perubahan pembayaran, diharapkan pengelolaan parkir lebih transparan. “Bukan hanya di roda empat saja ya. Tapi, roda dua sedang proses pengkajian dan juga mempersiapkan sejumlah fasilitas. Jadi, kami akan terapkan pembayaran non tunai semua,” tegas Andanina. *dar

Komentar