nusabali

Capaian Vaksinasi Covid-19 Lansia Masih Rendah

  • www.nusabali.com-capaian-vaksinasi-covid-19-lansia-masih-rendah

AMLAPURA, NusaBali
Capaian vaksinasi Covid-19 menyasar lansia di Karangasem masih rendah. Dari 40.460 lansia sasaran, capaian sementara 4.693 lansia atau 11,6 persen.

Targetnya pelayanan vaksinasi sebanyak 1.300 lansia per hari. Kendala yang di lapangan, mesti ada pengantar lansia ke tempat vaksinasi Covid-19. Petugas tidak mungkin mendekatkan pelayanan ke banjar-banjar karena terkendala internet untuk upload data lansia yang divaksin ke pusat.

Kadis Kesehatan Karangasem, dr I Gusti Bagus Putra Pertama MM mengungkapkan, pelayanan vaksinasi menyasar lansia mulai Jumat (16/4). Para lansia cukup datang ke Puskesmas terdekat, kantor camat, kantor desa, dan kantor lurah. Pelayanan untuk lansia berumur di atas 60 tahun dengan memberikan vaksin sinovac dengan interval 28 hari. Artinya setelah menjalani vaksinasi pertama, mesti menunggu 28 hari lagi untuk menjalani vaksinasi kedua. Syaratnya untuk suhu tubuh di bawah 37,5 derajat celcius, tekanan darah di bawah 180/10.

Tahapan vaksinasi juga sama dengan usia muda, mesti menunggu 30 menit dampak KIPI (kejadian ikutan pasca imunisasi). Saat menjalani skrining, pertanyaan untuk lansia ada yang berbeda. Beberapa jenis pertanyaan yang diajukan, apakah mengalami kesulitan untuk naik 10 anak tangga. Apa sering merasa kelelahan, apakah memiliki sedikitnya lima jenis penyakit dari 11 penyakit yakni hipertensi, diabetes, kanker, penyakit paru kronis, nyeri jantung, gagal jantung kongestif, nyeri dada, asma, nyeri sendi, struk, dan gagal ginjal. Juga penting ditanyakan apakah mengalami kesulitan berjalan 200 meter hingga 400 meter, dan apakah mengalami penurunan berat badan selama setahun terakhir.

Wakil Bupati Karangasem I Wayan Arta Dipa berharap agar pelayanan vaksinasi lansia dilakukan dengan cara jemput bola. “Dekatkan pelayanan vaksinasi lansia agar cepat tuntas,” pinta Wabup Wayan Arta Dipa. Terpisah, Lurah Subagan, Kecamatan Karangasem Ida Ketut Putra mengatakan, vaksinasi Covdi-19 menyasar lansia dilakukan sejak Sabtu (17/4). Sedangkan vaksinasi Covid-19 menyasar lansia di Desa Duda, Kecamatan Selat dan sekitarnya bertempat di Aula Kantor Camat Selat, Banjar Bambang Biaung, Desa Duda, Kecamatan Selat.

Koordinator Bidang Kesehatan GTPP (Gugus Tugas Percepatan Penanganan) Covid-19 Kecamatan Selat, dr I Gusti Lanang Udiyana mengungkapkan, secara teknis tidak ada kendala dalam vaksinasi lansia. Para lansia antusias datang karena sebelumnya telah disosialisasikan bekerja sama dengan kelian banjar dinas. *k16

Komentar