nusabali

Bupati Suwirta Kunjungi Balai BRBL-PP

Kembangkan Potensi Kelautan Nusa Penida

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-kunjungi-balai-brbl-pp

SEMARAPURA, NusaBali
Status Kawasan Konservasi Perairan (KKP) di Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, tidak serta merta membuat segala potensi yang ada bisa digarap.

Dikaitkan dengan perkembangan pariwisata, selain sebagai pusat diving dan snorkling, potensi perikanan dan kelautan juga harus dikembangkan untuk mendukung pariwisata terutama untuk kebutuhan seafood termasuk rumput laut.

Disamping itu, kebutuhan seafood sangat tinggi dengan perkembangan pariwisata saati ini dan juga sebagai peluang untuk masyarakat Nusa Penida dalam mengembangkan budidaya seafood sebagai mata pencaharian dan saling melengkapi untuk kebutuhan pariwisata.

Guna menggali potensi tersebut Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengunjungi Balai Besar Riset Budidaya Laut dan Penyuluhan Perikanan (BRBL-PP) di Dusun Gondol, Desa Penyabangan, Kecamatan Grogak, Buleleng, Sabtu (17/4).

Bupati didampingi Kaban Perencanaan Penelitian dan Pengembangan (Baperlitbang) Klungkung, Anak Agung Gede Lesmana, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Klungkung, Dewa Ketut Sueta Negara, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Klungkung, I Wayan Suteja, Kadis Pariwisata Kabupaten Klungkung, AA Gede Putra Wedana,

Bupati Suwirta juga mengunjungi, pengusaha bibit bandeng dan krapu, serta PT Sea Sixenergy Indonesia Pabrik Pengolahan Rumput Laut, di Gerogak. Dari hasil kunjungan tersebut, Bupati Suwirta menugaskan OPD terkait untuk menindaklanjuti dengan segera merealisasikan denplot budidaya kepiting, udang dan krapu yg sudah dianggarkan. "Kami ingin tahu dan melihat langsung agar apa yang kami mimpikan bisa terwujud untuk mengembangkan serta meningkatkan ekonomi di bidang kelautan segera bisa terwujud," ujar Bupati Suwirta.

Bupati juga meminta bantuan kepada Tim Aphli Balai Riset Budidaya Laut dan Penyuluhan Perikanan Gondol, Gabungan Pengusaha Libster Indonesia dan pengusaha bibit bandeng dan krapu  untuk ikut membantu pengembangan potensi tersebut. "Mohon dukungan dan kerjasamanya serta memberi masukan untuk mengembangkan potensi laut di Nusa Penida," pintanya.

Terkait rumput laut, Bupati minta kepada PT Sea Sixenergy Indonesia Pabrik Pengolahan Rumput Laut menjalin kerjasama lewat koperasi untuk bisa menangani rumput laut nusa penuda dari hulu sampai hilir. Bupati berharap agar perusahaan yg mengolah rumput laut mentah bisa mendirikan pabrik di Nusa Penida untuk memberikan manfaat mutualisme antara perusahaan dan petani. Mengakhiri kunjungan Bupati dan rombongan menyempatkan melihat langsung budidaya lobster yg dikelola oleh Gabungan Pengusaha Lobster Indonesia (GPLI). *wan

Komentar