nusabali

Direhab, SMPN 3 Bangli Akan Pinjam Gedung SD Terdekat

  • www.nusabali.com-direhab-smpn-3-bangli-akan-pinjam-gedung-sd-terdekat

BANGLI, NusaBali
Tahun ini dijadwalkan kegiatan rehabilitasi ruang kelas di SMPN 3 Bangli yang berlokasi di Desa Tamanbali, Kecamatan Bangli.

Rencana ada 18 ruang yang akan direhab. Terkait kegiatan tersebut pihak sekolah akan meminjam gedung sekolah dasar (SD) terdekat bilamana nantinya dilaksanakan pembelajaran tatap muka (PTM).

Pemerintah pusat  lewat  Kementerian  Pendidikan mengalokasikan anggaran sebesar Rp 3,2 miliar untuk rehab ruang kelas belajar dan pembanguan ruang laboratoium IPA SMPN 3 Bangli. Plt Kepala SMPN 3 Bangli, Ni Made Surya dini mengatakan kegiatan rehabilitasi ruang kelas diperkirakan sekitar bulan Juli.

Sementara itu, kemungkinan akan dilaksanakan PTM. Diakui pihak sekolah masih membahas terkait peminjaman gedung SD. "Waka sarana prasana nanti mengadakan pendekatan dumun sekalian survei jumlah ruang kelas di SD terdekat. Rencananya setelah hari raya kuningan kami mulai merancang strategi pembelajaran jika sudah jalan pengerjaan rehab," ungkapnya Minggu (18/4).

Terpisah, Waka Sarana Prasarana SMPN 3 Bangli, Nyoman Mudastra mengatakan untuk rehab menyasar 18 ruangan kelas yakni untuk kelas VII sebanyak 4 ruangan, kelas VII sebanyak 5 ruangan dan kelas IX sebanyak 9 ruangan. "Kondisi ruang Laboratorium sudah hancur  begitupula kondisi ruang kelas banyak yang bocor. Selama ini kondisi rusaknya bangunan disiasati dengan mengoptimalkan perawatan," jelasnya.

Menurut Nyoman Mudastra  dengan dilakukan rehab ruang kelas, untuk kegiatan proses belajar siswa, pihak sekolah berencana meminjam gedung di beberapa SD terdekat. Dengan melihat jumlah ruang kelas yang direhab rencana meminjam gedung SD di tiga sekolah yakni SD 1, SD 2 dan SD 3 Tamanbali. "Ada beberapa ruang kelas yang tidak kena rehab, jadi masih bisa dimanfaatkan. Untuk kebutuhan ruang, kami coba untuk meminjam di sekolah terdekat," ujarnya.

Sementara itu, Kasi Sarpras Dikdas Disdikpora Bangli, Ida Bagus Maha Arta mengatakan  anggRan DAK yang diterima tahun 2021 sebesar Rp 24 miliar. Dimana anggaran digunakan untuk kegiatan fisik SD dan SMP. Adapun kegiatan fisik diantara untuk pembangunan ruang guru, UKS rehabilitasi ruang perpustakaan, rehabilitasi ruang laboratorium dan rehab ruang kelas hingga toilet.

Sementara untuk di SMPN 3 Tamanbali di plot anggaran sebesar Rp 3.252.864.600,000 untuk rehabilitasi ruang belajar dan pembangunan ruang laboratorium Rp 293.407.300,00. Disampaikam pula untuk kegiatan masih dalam tahap perencanaan. "Setelah turun SPK baru kegiatan akan ditenderkan lewat Unit Layanan Pengadaan Pemkab Bangli," sambungnya. *esa

Komentar