nusabali

Atasi PSS, Satu Kaki Persib ke Final

  • www.nusabali.com-atasi-pss-satu-kaki-persib-ke-final

SLEMAN, NusaBali
Satu kaki Persib Bandung ke final Piala Menpora, setelah mengalahkan PSS Sleman  2-1, pada leg pertama laga semifinal di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat (16/4).

Persib hanya butuh hasil seri pada laga leg kedua, di Stadion Manahan, Solo, Senin (19/4) Pada laga itu, PSS unggul lebih dulu lewat Saddam Gaffar di menit ke-20. Keunggulan PSS itu tak bertahan lama. Persib membalas pada menit ke-23. Bola umpan sepak pojok Febri Hariyadi diteruskan dengan sundulan Victor Igbonefo di mulut gawang.

Setelah kedudukan kembali imbang, kedua tim kian meningkatkan serangannya. PSS mendapatkan peluang emas untuk menciptakan gol pada menit ke-28. Namun, bola tendangan Kim Jeffrey Kurniawan melenceng.

PSS mengancam jelang turun minum lewat Nicolas. Dia mendapatkan umpan matang dari Saddam Gaffar, tetapi bola tendangannya masih belum tepat sasaran.

Persib berusaha menekan di awal babak kedua. Kesempatan didapat pada menit ke-47 lewat tembakan bebas. Bola tendangan Farshad Noor mengarah ke gawang, tapi dapat diatasi kiper PSS.

PSS tampil agresif sepanjang babak kedua. Serangan-serangan dilancarkan lewat sisi lapangan, namun belum bisa berbuah gol.

Persib akhirnya bisa memenangkan pertandingan leg pertama di injury time dengan skor 2-1. Umpan Beckham Putra disambut dengan tembakan Febri, namun bisa diblok kiper PSS. Frets Butuan di posisi yang pas mampu menyambar bola rebound.

Sementara itu, menanggapi skor 0-0 hasil laga PSM Makassar kontra Persija Jakarta di leg pertama, Ketua Organizing Committee (OC) Piala Menpora 2021, Akhmad Hadian Lukita mengatakan, pihaknya sudah merancang regulasi untuk semifinal apabila dua pertemuan berakhir sama-sama kuat.

“Untuk menentukan tim yang lolos ke final, aturan keunggulan gol tandang tidak kami terapkan. Maka jika agregat pertemuan kedua kedua tim berakhir imbang, dilanjutkan dengan adu tendangan penalti,” tutur Akhmad Hadian Lukita, Jumat.

Akhmad Ladian Lukita pun menambahkan, aturan tersebut sudah dijabarkan sejak awal dalam regulasi Piala Menpora 2021. Apabila dua tim yang bertanding di semifinal mencetak skor akhir yang sama setelah bermain di dua pertandingan (misalkan 1-1,2-2, dan seterusnya), tidak berlaku keuntungan gol tandang.*

Komentar