nusabali

Ajang Pembalasan Supercopa

Final Copa del Rey Bilbao vs Barca

  • www.nusabali.com-ajang-pembalasan-supercopa

SEVILLA, NusaBali
Barcelona akan mengawali perburuan gelar musim ini melawan Athletic Bilbao, di final Copa del Rey, di Estadio La Cartuja, Sevilla,  Minggu (18/4) dinihari Wita.

Laga itu pertemuan keempat Bilbao dan Barcelona pada musim 2020/2021. Laga itu ajang pembalasan Barca yang dikalahkan Bilbao 2-3 di ajang Supercopa Spanyol awal musim ini.

Barcelona memenangi dua laga La Liga. Pada pekan ke-2, Barcelona menang 3-2 di markas Bilbao. Dua gol Bilbao dicetak Inaki Williams dan Iker Muniain. Tiga gol Barcelona diciptakan Pedri dan Lionel Messi (2).

Pada pekan ke-21, Barcelona menaklukkan Bilbao 2-1 di Camp Nou. Lionel Messi dan Antoine Griezmann masing-masing menyumbang satu gol, sedangkan Jordi Alba mencetak satu gol bunuh diri.

Di antara dua pertemuan di LaLiga itu, Bilbao dan Barcelona juga berjumpa di final Supercopa de Espana. Bilbao mengalahkan Barcelona 3-2 lewat extra time. Tiga gol Bilbao dicetak Oscar De Marcos, Asier Villalibre, dan Inaki Williams, sedangkan dua gol Barcelona diborong Antoine Griezmann.

Di final itu, selain gagal menjadi juara, Barcelona juga kehilangan Messi yang diganjar kartu merah. Kali ini, mereka bertemu di final Copa del Rey alias Piala Raja. Bilbao sendiri pemilik 23 gelar Copa del Rey, atau terpaut tujuh angka di belakang Barcelona (30), yang jadi pemegang rekor gelar juara kompetisi tersebut.

Bilbao sampai di final musim ini usai menyingkirkan Ibiza (2-1), Alcoyano (2-1), Real Betis (1-1, penalti 4-1), dan Levante (agregat 3-2). Sementara itu, Barcelona telah melewati hadangan Cornella (2-0, extra time), Rayo Vallecano (2-1), Granada (5-3, extra time), dan Sevilla (agregat 3-2).

Bertemu Bilbao di partai puncak, Barcelona siap berjuang untuk membalas kekalahan di final Supercopa. Sedangkan bagi Bilbao, laga nanti juga untuk menebus kegagalan di final Copa del Rey 2019-2020, saat dikalahkan Real Sociedad 0-1, dua pekan lalu. Laga final  tersebut digelar, setelah ditunda karena pandemi Covid-19 pada 2020. *

Komentar