nusabali

Kasek SD Siap Gelar Asesmen Nasional

  • www.nusabali.com-kasek-sd-siap-gelar-asesmen-nasional

AMLAPURA, NusaBali
Pelaksanaan asesmen nasional SD dijadwalkan dari tanggal 27-30 Oktober 2021. Sejumlah SD telah siap dengan komputernya sendiri dan melaksanakan asesmen nasional (AN) sendiri di sekolah.

Sekolah telah melakukan pelatihan cara mengoperasikan dan mengakses internet. Kasek SDN 3 Budakeling I Wayan Darta melakukan ujicoba asesmen nasional melibatkan 23 siswa kelas V di Banjar Pande Besi, Desa Budakeling, Kecamatan Bebandem, Karangasem, Jumat (16/4).

Kasek Wayan Darta mengaku dapat bantuan 15 komputer. Internet juga tersedia sehingga langsung menggelar ujicoba melibatkan 23 siswa. Kekurangan 8 komputer lainnya memanfaatkan komputer sekolah. “Secara teknis tidak ada kendala, kami siap mengikuti AN,” kata Wayan Darta. Nantinya yang mengikuti AN maksimal 30 siswa kelas V SD. Nama-nama siswa yang ikut AN ditunjuk melalui survei dapodik (data pokok pendidikan) pusat.

Kasek SDN 1 Menanga, Kecamatan Rendang I Wayan Sumerta mengaku telah siap mengikuti AN. “Kami berupaya melaksanakan di sekolah, tidak sampai pinjam komputer ke SMP,” kata Wayan Sumerta yang mantan Ketua PGRI Kecamatan Rendang. SDN 1 Menanga memiliki 34 siswa kelas V, nantinya yang ikut AN sebanyak 30 siswa. Walau belum mencukupi jumlah komputer yang dibutuhkan, sekolah berupaya pinjam komputer milik orang tua siswa untuk menutupi komputer yang ada di sekolah. “Setelah komputer terpenuhi 30 buah, lalu melakukan ujicoba,” tambahnya.

Kasek SDN 4 Subagan, Kecamatan Karangasem I Wayan Sarja memiliki kelas V dua kelas, jumlah siswa sebanyak 53 siswa. "Kami juga tengah mengupayakan pengadaan komputer dengan pinjam komputer milik orang tua untuk menutupi komputer yang ada di sekolah, sehingga bisa dilaksanakan di sekolah," kata Wayan Sarja. Dinas Pendidikan Kepemudaan Olahraga Karangasem melalui Sekdisdikpora I Wayan Sarya telah sosialisasikan pelaksanaan AN melalui Korwil Disdikpora Kecamatan se-Karangasem, sasarannya 365 SD. Asesmen nasional untuk mengevaluasi sistem pendidikan dasar dan menengah. Guna mendorong guru mengembangkan kompetensi kognitif (kemampuan individu) yang mendasar sekaligus membentuk karakter siswa secara utuh. *k16

Komentar