nusabali

Bupati Karangasem Segera Keluarkan Izin PTM

  • www.nusabali.com-bupati-karangasem-segera-keluarkan-izin-ptm

AMLAPURA, NusaBali
Bupati Karangasem I Gede Dana berjanji mengeluarkan izin pembelajaran tatap muka (PTM) paling lambat tanggal 22 April atau dua hari sebelum Kuningan.

Menurut rencana PTM mulai diberlakukan per Senin 26 April 2021. Bupati Gede Dana menyetujui pelaksanaan PTM berdasarkan instruksi Kemendikbud. Alasan lain, seluruh guru di Karangasem telah menjalani vaksinasi Covid-19 sebanyak dua kali.

Bupati Gede Dana yang juga Ketua GTPP (Gugus Tugas Percepatan Penanganan) Covid-19 Karangasem mengungkapkan keputusan bersama empat menteri yakni Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Kesehatan, Menteri Dalam Negeri, dan Menteri Agama tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Melalui keputusan bersama tersebut, pemerintah mendorong akselerasi pembelajaran tatap muka terbatas dengan tetap menjalankan protokol kesehatan yang ketat.

GTPP Covid-19 Karangasem Disdikpora telah mensurvei persiapan sekolah dalam pemenuhan protokol kesehatan yakni tersedianya tempat cuci tangan, sabun, alat semprot disinfektan, dan mengatur bangku belajar. Tinggal meyakinkan orang tua siswa dan mengingatkan siswa wajib pakai masker ke sekolah. Ketua Harian GTPP Covid-19 Karangasem yang juga Sekda I Ketut Sedana Merta mengakui Bupati segera tandatangani izin PTM. “Draf SK telah tuntas, tinggal diparaf untuk terbitkan izin PTM, semuanya telah berdasarkan kajian teknis,” jelas Ketut Sedana Merta, Jumat (16/4).

Ada ketentuan, jika di salah satu sekolah ketahuan ada terpapar Covid-19, maka sekolah bersangkutan mesti tutup tiga hari. Selanjutnya pihak pengelola sekolah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan dan GTPP Covid-19 setempat. Tujuannya agar dilakukan pengecekan kembali ke sekolah menyangkut sarana protokol kesehatan, pengaturan bangku agar belajarnya jaga jarak, dan lainnya. Informasi di Dinas Kesehatan, sebanyak 5.306 guru TK, SD, dan SMP telah menjalani vaksinasi Covid-19. Sehingga secara teknis Karangasem telah siap melaksanakan PTM. *k16

Komentar