nusabali

Industri Otomotif Sudah Pulih

  • www.nusabali.com-industri-otomotif-sudah-pulih

Jokowi minta kembali buka lapangan pekerjaan dan libatkan UMKM

JAKARTA, NusaBali

Presiden Joko Widodo (Jokowi) membeberkan data terkait kondisi industri otomotif. Menurutnya industri ini sudah pulih seiring dengan meningkatnya pembelian kendaraan.

Hal itu disampaikan Jokowi saat membuka pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021, dilansir dari akun Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (15/4).

"Tadi sebelum masuk ruangan ini, saya dapat laporan dari Menteri Perindustrian, ada kenaikan untuk purchase ordernya 190%," ucapnya seperti dilansir detikcom.

Menurutnya data itu menunjukkan bahwa permintaan kendaraan jauh lebih tinggi dari kapasitas produksi. Sehingga pembelian harus inden dan produsen otomotif sudah kewalahan terhadap pembelian yang tinggi.

"Artinya harus inden, artinya yang memproduksi ini kewalahan. Artinya lagi industri otomotif sudah bangkit kembali," tuturnya.

Selain itu Purchasing Managers' Index (PMI) sudah di angka 53. Angka itu menurut Jokowi lebih tinggi dari kondisi normal sebelum pandemi yakni 51.

"Justru sudah melompat naik di atas kenormalan. Ini harus betul-betul kita jaga agar kebangkitan di industri otomotif ini jangan sampai terganggu lagi karena pandemi covid naik. Banyak negara lain sudah turun, anjlok covidnya, tapi nggak bisa jaga waspada, nggak hati-hati, kemudian meloncat naik lagi. Ini yang kita jaga," tegasnya.

Oleh karena itu, Jokowi berharap industri otomotif dalam negeri bisa meningkatkan kapasitas produksinya. Dia juga berharap pemakaian kandungan dalam negeri juga ditingkatkan.

"Juga bukan ngurus pasar dalam negeri tapi bergerak ke pasar-pasar ekspor. Saya lihat peningkatannya sudah baik tetapi kita ingin ditingkatkan lagi," tutupnya.

Selain itu Jokowi berharap industri otomotif bisa kembali membuka lapangan kerja baru. Dan juga ikut menggerakan kegiatan UMKM hingga bisa berkontribusi atas kenaikan ekspor negara.

"Keterlibatan UMKM dalam rantai pasok juga harus terus ditingkatkan. Dan nilai tambah untuk ekonomi dalam negeri juga harus menjadi prioritas. Tentu saja yang paling penting adalah penyerapan tenaga kerja lokal dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Golnya adalah di sini," tambahnya.

Jokowi mengatakan, industri otomotif merupakan salah satu penggerak perekonomian karena banyak melibatkan pelaku usaha. Oleh karena itu industri otomotif merupakan salah satu industri yang menjadi prioritas untuk didorong.

Oleh karena itu pemerintah telah menerapkan kebijakan relaksasi pajak untuk pembelian mobil. Tujuannya untuk mendongkrak penjualan kendaraan. Menurut Jokowi kebijakan itu cukup berhasil untuk meningkatkan pembelian kendaraan. *

Komentar