nusabali

Hari Ini, Vaksinasi Massal di Kawasan Proyeksi Zona Hijau

  • www.nusabali.com-hari-ini-vaksinasi-massal-di-kawasan-proyeksi-zona-hijau

TABANAN, NusaBali
Pemkab Tabanan  melalui Dinas Kesehatan setempat, Jumat (16/4) ini, memvaksinasi secara massal warga di tiga kawasan yang diproyeksikan menjadi zona Hijau.

Tiga kawasan ini, DTW Jatiluwih di Desa Jatiluwih, Kecamatan Penebel, DTW Ulun Danu Beratan di Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, dan DTW Tanah Lot, Kecamatan Kediri. Vaksinasi massal itu akan ditinjau langsung Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya. Kepala Dinas Kesehatan Tabanan dr Nyoman Suratmika mengakui vaksinasi di kawasan usulan zona hijau dimulai Jumat ini. Total 13.811 warga menjadi sasaran vaksinasi. “Vaksinasi di tiga kawasan tersebut kami perkirakan akan selesai dalam waktu enam hari untuk vaksin tahap I,” ungkapnya, Kamis (15/4).

Menurutnya vaksinasi massal ini akan melibatkan petugas kesehatan dan OPD (organisasi perangkat daerah) di lingkungan Pemkab Tabanan. Setiap OPD di Pemkab Tabanan sudah diatur untuk membantu kegiatan. Praktisnya bisa saja dalam satu banjar ada dua tim petugas vaksinasi. Nantinya pengaturan vaksinasi dilakukan kelian dinas setempat agar tidak menimbulkan kerumunan. “Jadi kedatangan masyarakat diatur, sistemnya mirip pemilu begitu,” katanya.

Dia menegaskan, vaksinasi di tigas kawasan ini akan ditinjau langsung oleh Bupatui Tabanan I Komang Gede Sanjaya. Sesuai rencana, Bupati akan meninjau pertama di Banjar Ulundesa, Desa Beraban, Kecmamatan Kediri, disusul ke Desa Jatiluwih, Kecamatan Penebel, dan berakhir di Desa Candikuning, Kecamata Baturiti. “Diperkirakan bapak Bupati meninjau dari pagi sampai sore,” imbuh dr Suratmika.

Dia menegaskan untuk ketersediaan vaksin tersebut sudah didistribusikan ke masing-masing puskemas. Begitu vaksinasi dimulai petugas tinggal mengambil vaksin. “Vaksinasi massal dilalukan sesuai dengan usulan pimpinan di Tabanan untuk menunjang pariwisata di tiga kawasan tersebut,” kata dr Suratmika.

Sesuai data, rincian angka sasaran vaksinasi di tiga lokasi tersebut yakni Desa Beraban menyasar 6.463 orang,  Jatiluwih 1.697 orang dan Desa Candikuning 5.651 orang. Total 13.811 sasaran dengan dosis vaksinasi yang dibutuhkan untuk dua kali penyuntikan vaksin sebanyak 27.622 dosis. *des

Komentar