nusabali

Gianyar Optimalkan Vaksinasi Lansia

  • www.nusabali.com-gianyar-optimalkan-vaksinasi-lansia

GIANYAR, NusaBali
Kementerian Kesehatan RI mengimbau pemerintah daerah mengoptimalkan vaksinasi untuk tenaga guru dan lansia (lanjut usia).

Dinas Kesehatan Gianyar terus mengintensifkan vaksinasi, khsusnya lansia. Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Gianyar, AA Anom Sukamawa Kamis (15/4) mengatakan realisasi vaksinasi lansia di Kabupaten Gianyar baru mencapai 10.06 persen dari target sasaran vaksinasi lansia. Diungkapkannya, April 2021 Pemkab Gianyar mengoptimalkan vaksinasi tenaga pelayan publik khususnya guru dan vaksinasi lansia.

Sesuai imbauan pemerintah pusat, vaksinasi tenaga guru digenjot untuk mendukung pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) dan vaksinasi lansia dioptimalkan karena lansia memiliki tingkat risiko Kematian yang tinggi.

Sukamawa menjelaskan berhubung masyarakat Gianyar merayakan Galungan Selasa (13/4) - Kamis (15/4) kegiatan vaksinasi di Kabupaten Gianyar diliburkan. "Selanjutnya, kegiatan vaksinasi Covid-19 akan dikebut diantaranya menyasar lansia," ucapnya.

Berdasarkan data Senin (12/4), sasaran vaksinasi di Gianyar mencapai 41.630 lansia. Sementara jumlah lansia di Gianyar divaksinasi sebanyak 4.190 atau sekitar 10,06 persen. Menurutnya, kegiatan vaksinasi lansia di Kawasan green zone Ubud menggunakan Astra Zeneca. Selanjutnya, untuk mengoptimalkan vaksinasi lansia akan menggunakan coronavac biofarma.

Berdasarkan data dari pusat, dari 1,5 juta penduduk Indonesia yang telah terpapar covid, 10 persen merupakan lansia umur di atas 60 tahun. Dari 100 persen kasus covid yang meninggal hampir 50 persen merupakan lansia.

Kementerian kesehatan juga menegaskan layanan vaksinasi Covid-19 yang diberikan melalui sentra vaksinasi, agar dapat memprioritaskan sasaran lansia. Mekanisme distribusi vaksin dapat dilaksanakan dengan cara diantar oleh Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota ataupun diambil oleh fasilitas pelayanan kesehatan ke gudang farmasi Kabupaten/Kota dengan tetap memperhatikan mekanisme pembiayaan agar tidak terjadi biaya ganda.

Anak Agung Anom Sukamawa  menambahkan untuk mengoptimalkan vaksinasi lansia Pemkab Gianyar mengaktifkan Posko khusus seperti di Alun-alun Gianyar. lansia di Kabupaten Gianyar mendapatkan prioritas layanan di puskesmas dan rumah sakit terdekat. Saat ini Gianyar memiliki 20 faskes melayani vaksinasi meliputi 13 puskesmas, 7 rumah sakit,  dan tambahan 1 klinik Polres Gianyar serta Posko Alun-alun Gianyar atau Lapangan Astina. *nvi

Komentar