nusabali

Badung Gencarkan Vaksinasi dan Prokes

Strategi Keluar dari Zona Merah

  • www.nusabali.com-badung-gencarkan-vaksinasi-dan-prokes

MANGUPURA, NusaBali
Kabupaten Badung hingga saat ini masih dalam zona merah Covid-19. Berdasarkan data yang dihimpun, secara komulatif kasus Covid-19 di Gumi Keris mencapai 8.096 kasus, dan angka kesembuhan secara kumulatif mencapai 7.619 orang.

Menurut Koordinator Bidang Komunikasi Publik Satgas Covid-19 Badung Made Suardita, saat ini strategi Badung untuk menekan angka kasus positif Covid-19, yakni dengan menggencarkan vaksinasi dan memperkuat pemantauan penerapan protokol kesehatan (prokes).

“Saat ini Badung sudah mulai vaksinasi di luar green zone. Terutama daerah penyangga zona hijau, seperti Kecamatan Kuta. Saat ini juga sedang gencar-gencarnya dilakukan vaksin di luar zona hijau oleh Dinas Kesehatan. Dengan harapan target bisa sebelum Kunigan ini selesai,” ujar Suardita, dikonfirmasi Kamis (15/4) petang.

Sementara strategi lainnya, yakni penguatan pemantauan prokes. Tidak hanya lewat tim yustisi, tapi penguatan prokes juga bekerja sama dengan aparat desa. “Penegakan prokes yang paling penting. Karena PPKM berbasis mikro, kerja sama penegakan, dan pemantauan prokes juga sudah dengan linmas, pecalang dan aparat desa,” terangnya.

Hingga per Kamis (15/4) jumlah kasus positif Covid-19 di Badung bertambah sebanyak 6 orang dengan rincian dari Desa Pelaga, Kecamatan Petang sebanyak 1 orang, Desa Selat, Kecamatan Abiansemal 1 orang, Desa Cemagi, Kecamatan Mengwi 1 orang, Desa Buduk, Kecamatan Mengwi 1 orang, Kelurahan Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan 1 orang, dan Desa Dalung, Kecamatan Kuta Utara 1 orang. Adapun total secara komulatif kasus Covid-19 di Gumi Keris mencapai 8.096 kasus.

Sementara warga yang sembuh bertambah 24 orang dengan rincian dari Desa Sulangai, Kecamatan Petang sebanyak 1 orang, Desa Blahkiuh, Kecamatan Abiansemal 2 orang, Desa Mekar Bhuwana, Kecamatan Abiansemal 1 orang, Desa Sibang Gede, Kecamatan Abiansemal 1 orang, Desa Baha, Kecamatan Mengwi 1 orang, Kelurahan Kapal, Kecamatan Mengwi 1 orang, Desa Mengwitani, Kecamatan Mengwi 2 orang, Kelurahan Sading Kecamatan Mengwi 2 orang, dan Desa Sembung Kecamatan Mengwi 1 orang.

Selanjutnya Kelurahan Kuta, Kecamatan Kuta 1 orang, Kelurahan Benoa, Kecamatan Kuta Selatan 1 orang, Kelurahan Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan 2 orang, Desa Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan 1 orang, Desa Dalung, Kecamatan Kuta Utara 1 orang, Kelurahan Kerobokan, Kecamatan Kuta Utara 2 orang, Kelurahan Kerobokan Kelod, Kecamatan Kuta Utara 2 orang (1 orang WNA), dan Desa Tibubeneng, Kecamatan Kuta Utara 2 orang (1 orang WNA).

“Total kasus konfirmasi yang masih dalam perawatan 267 orang. Yang dirawat difaskes dan rumah sakit sebanyak 122 orang, karantina terpusat 52 orang, dan karantina mandiri 93 orang. Meninggal sebanyak 210 orang,” tandas Suardita yang juga Kabag Humas Setda Badung itu. *ind

Komentar