nusabali

Wisata Desa Bertumpu Turis Lokal

  • www.nusabali.com-wisata-desa-bertumpu-turis-lokal

DENPASAR, NusaBali
Di saat sepi kunjungan wisman karena pandemi Covid-19, turis lokal atau wisatawan domestik 'menolong' geliat desa wisata.

Contohnya 'Rumah Desa' di Desa Wisata Baru Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan. I Wayan Sudiantara, pengelola Rumah Desa' menyatakan wisatawan lokal-lah yang kini menghidupi wisata desa. Hal itu karena wisman sudah tidak ada lagi sejak pandemi setahun lalu.

"Delapan puluh persen pengunjung adalah wisatawan lokal Bali," ucap Sudiantara, Senin(12/4). Sisanya 20 persen wisatawan domestik dari luar Bali.

"Sedikit-dikit di masa pandemi ini sudah mulai ada geliat," ungkap Sudiantara yang juga mantan pramuwisata. Dia langsung mencontohkan Rumah Desa yang dikolalanya, yang saban akhir pekan cukup ramai.  "Pekan lalu ada 500 pengunjung yang datang, " ungkapnya.

Ini menandakan sudah ada gerakan di sektor pariwisata,walau masih jauh dari normal. Dengan berbagai upaya oleh pemerintah diantaranya program vaksinasi Covid-19, kondisi pariwisata Bali, termasuk wisata desa pulih kembali. *k17

Komentar