nusabali

Polda Bali Target 6 Sasaran Saat Operasi Keselamatan Agung

  • www.nusabali.com-polda-bali-target-6-sasaran-saat-operasi-keselamatan-agung

DENPASAR, NusaBali
Polda Bali menyasar 6 target selama gelaran Operasi Keselamatan Agung 2021.

Operasi dengan tema ‘Melalui Operasi Keselamatan Agung 2021 Kita Wujudkan Kamseltibcarlantas yang Mantap dan Pencegahaan Penyebaran Covid-19 dengan Meningkatkan Disiplin Protokol Kesehatan Serta Tidak Melaksanakan Mudik Lebaran Tahun 2021’, ini bertujuan melakukan sejumlah sosialisasi. Termasuk salah satunya sosialisasi larangan mudik.

Kapolda Bali Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra saat memimpin apel pembukaan operasi di Lapangan Iptu Soetardjo, Mako Sat Brimob Polda Bali, Tohpati, Kecamatan Denpasar Timur, Senin (12/4), mengatakan selain menyasar penertiban lalu lintas, operasi ini juga untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap larangan mudik Lebaran 2021 untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Kapolda mengungkapkan ada 6 target dalam operasi yang digelar pada 12 – 25 April 2021 ini, yakni sosialisasi secara masif tentang larangan mudik, edukasi tentang protokol kesehatan, dan tentang tertib berlalu lintas. Pembagian masker kepada masyarakat. Melaksanakan swab antigen gratis bagi masyarakat. Selain itu kegiatan bantuan sosial kepada masyarakat. Manajemen rekayasa lalu lintas dalam pencegahan mudik.

“Saya berharap Operasi Keselamatan Agung 2021 ini dapat meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalulintas. Sehingga dapat menurunkan pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Polda Bali,” ungkap Kapolda dalam amanatnya saat apel yang juga dihadiri Wakapolda Bali Brigjen Pol I Ketut Suardana.

Operasi yang digelar melibatkan personel dari Pomdam IX Udayana, Dishub Provinsi Bali, dan PT Jasa Raharja Bali. “Kepada instansi terkait yang terlibat dalam operasi ini, saya berharap dukungan dan kerja sama untuk ikut berperan aktif. Sesuaikan dengan peran dan fungsinya masing-masing sehingga terwujud harmonisasi di lapangan,” imbuh Kapolda.

Sementara Kapolresta Denpasar Kombes Pol Jansen Avitus Panjaitan mengatakan yang menjadi perhatian utamanya dalam operasi ini adalah masalah keselamatan berlalulintas. Selama ini keselamatan berlalulintas sering diabaikan bahkan tidak dianggap. Pemahaman keselamatan pengguna lalulintas baik pejalan kaki, pengendara kendaraan bermotor, maupun pengguna jalan lainnya masih rendah.

Kombes Jansen membeber data jumlah kecelakaan lalulintas Operasi Keselamatan Agung 2020 sebanyak 31 kejadian. Jumlah tersebut mengalami penurunan 12 kejadian atau 67 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2019 sebanyak 94 kejadian.

Jumlah korban meninggal dunia operasi keselamatan tahun 2020 sebanyak 5 orang. Jumlah tersebut mengalami penurunan sebanyak 12 orang atau 71 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2019 sebanyak 17 orang.

Jumlah korban luka berat operasi keselamatan tahun 2020 sebanyak 0 orang mengalami penurunan 7 orang atau 100 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2019 sebanyak 7 orang. “Jumlah pelanggaran lalulintas operasi keselamatan tahun 2020 sejumlah 2.956 pelanggaran. Kami berusaha untuk terus menekannya,” tandas Kombes Jansen.

Kapolres Badung AKBP Roby Septiadi kepada anggotanya menekankan untuk meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas. Termasuk menurunkan angka pelanggaran maupun kecelakaan lalu lintas serta penyebaran Covid-19 di wilayah hukum Polres Badung.

“Kepada anggota di lapangan untuk melaksanakan deteksi dini. Petakan lokasi atau tempat rawan kecelakaan, pelanggaran, dan macet. Petakan juga lokasi penyebaran Covid-19,” ujar AKBP Roby saat memimpin apel kesiapan pasukan Operasi Keselamatan Agung 2021 di halaman mapolres, Senin kemarin. *pol

Komentar