nusabali

145 ASN Dilantik Menjadi Pejabat Fungsional

  • www.nusabali.com-145-asn-dilantik-menjadi-pejabat-fungsional

TABANAN, NusaBali
Bupati Tabanan Komang Gede Sanjaya mengambil sumpah dan melantik 145 ASN (aparatur sipil negara) menjadi pejabat fungsional di lingkungan Pemkab Tabanan, Senin (12/4).

Pelantikan dilakukan secara daring (dalam jaringan) di rungan Bupati Tabanan. Dari 145 ASN yang dilantik yakni 20 orang pengangkatan melalui inpassing atau penyesuaian jabatan. Profesinya terdiri dari auditor 7 orang, penilik 3 orang dan LPBJ (layanan pengadaan barang dan jasa) 10 orang. Sisanya, 125 orang pengangkatan untuk pertama kali melalui ASN yang lolos di tahun 2019.

125 orang itu dari berbagai profesi mulai dari guru 14 orang, pustkawan 2 orang, auditor 14 orang, dokter 24 orang, asisten apoteker 15 orang, perawat 26 orang, administrasi kesehatan 1 orang, apoteker 8 orang, bidang 8 orang, sanitarian 6 orang, rekam medis 1 orang, nutrisionis 5 orang, dan pranata lab kesehatan 1 orang.

Kepala BKPSDM (Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia) Tabanan Wayan Sugatra mengatakan, dengan pejabat fungsional, para ASN ini akan lebih cepat naik jabatan. Dua tahun sudah bisa naik jabatan asalkan memenuhi angka kredit. Jika bukan fungsional, maka empat tahun bekerja baru bisa naik jabatan.

Acara sumpah jabatan fungsional itu dihadiri Wakil Bupati Tabanan I Made Edi Wirawan, Sekda Tabanan I Gede Susila, Kepala BKPSDM Tabanan Wayan Sugatra, Asisten III Setda Tabanan I Made Agus Harta Wiguna, dan sejumlah pimpinan OPD di Tabanan.

Sugatra menambahkan, pengangkatan ASN menjadi pejabat fungsional sesuai PP Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajamen ASN. Dalam pasal 87, setiap ASN yang diangkat menjadi pejabat fungsional wajib dilantik dan diambil sumpah jabatanya. "Sebelum mereka dilantik, mereka melamar sesuai dengan formasi, sehingga kita angkat sekarang. 20 orang ASN melalui inpassing sebelumnya mengikuti persiapan tes menggunakan forto porlio," tegas birokrat asal Desa Luwus, Kecamatan Baturiti, Tabanan ini.

Bupati Tabanan Komang Gede Sanjaya mengatakan hakikat dari jabatan tersebut merupakan jabatan teknis dan keahlian pendidikan, sehingga pejabat fungsional lebih fokus bekerja. "Saya berharap pejabat fungsional ini bisa terus meningkatkan potensi agar bisa memberikan pelayanan terbaik," ujarnya.

Dia juga berharap melalui keahlian masing-masing, pejabat fungsional akan mampu menjadi pelayanan publik dengan baik. "Intinya kepada seluruh pejabat fungsional yang dilantik dapat menunjukkan komitmen dan tanggung jawab serta bisa memaknai tupoksi," tandas Sanjaya. *des

Komentar