nusabali

Wabup Suiasa Serahkan Angklung di Banjar Seseh

  • www.nusabali.com-wabup-suiasa-serahkan-angklung-di-banjar-seseh

MANGUPURA, NusaBali
Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa, menyerahkan bantuan gamelan angklung kepada krama Banjar Seseh, Desa Adat Seseh, Desa Cemagi, Kecamatan Mengwi, Minggu (11/4), di Balai Suka Duka Banjar Seseh, Desa Adat Seseh, Desa Cemagi, Kecamatan Mengwi, Badung.

Kehadiran Wabup Suiasa disambut Kadis Kebudayaan I Gede Eka Sudarwitha, Camat Mengwi I Nyoman Suhartana, Perbekel Cemagi Putu Hendra Sastrawan, Kelian Adat Banjar Seseh I Wayan Mustika, Kelian Dinas Banjar Seseh I Ketut Agus Adiputra, Sekaa Gong dan Krama Banjar Seseh.

Wabup Suiasa atas nama Pemkab Badung, merasa senang melihat semangat masyarakat dalam melaksanakan yadnya. Meskipun di masa pandemi Covid-19, semangat masyarakat tidak surut dalam melaksanakan dan meningkatkan keberadaan seni, adat, agama, dan budaya. Hal ini sangat sejalan dengan apa yang menjadi visi misi Pemkab Badung dalam upaya melestarikan seni dan budaya.

“Meskipun dalam masa Covid-19, masalah beryadnya, tidak ada hentinya dan masyarakat selalu semangat. Dengan yadnya juga dapat meningkatkan rasa persaudaraan dan kebersamaan tetap terjaga dengan baik,” kata Wabup Suiasa.

Wabup Suiasa juga mengingatkan masyarakat agar tetap disiplin dan menaati protokol kesehatan (prokes). “Kami saat ini menerapkan PPKM, kegiatan seni, budaya dan agama itu tetap jalan, namun demikian masyarakat harus tetap mematuhi prokes, yaitu tidak berkerumun, menjaga jarak, mencuci tangan, dan memakai masker,” imbuhnya.

Mengenai bantuan angklung ini, menurut Wabup Suiasa, sebagai salah satu upaya mendukung yadnya di masyarakat khususnya upacara pitra yadnya. Hal ini pula akan dapat meningkatkan rasa subakti krama kehadapan Tuhan serta para leluhur. “Kita Hindu dalam beryadnya, disamping adanya upakara dan yajamana karya/pemuput, tidak lengkap rasanya kalau tidak ada wali, yang di dalamnya adanya seni tari dan tabuh salah satunya angklung ini,” kata Wabup Suiasa seraya berharap gamelan angklung ini dapat dipakai seterusnya, dipelihara dengan baik serta dipakai untuk ngayah.

Sementara itu, Kelian Dinas Banjar Seseh I Ketut Agus Adiputra, menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Badung yang sudah memberikan bantuan gamelan angklung sesuai dengan harapan krama. Pihaknya bersama sekaa gong akan memanfaatkan gamelan ini dengan baik, sehingga dapat meningkatkan keberadaan seni dan mendukung jalanya yadnya khususnya di Desa Adat Seseh. Ke depan, pihaknya juga tidak henti-hentinya memohon kepada Pemkab Badung, agar mendukung segala kegiatan di Desa Adat Seseh, baik pembangunan maupun sosial kemasyarakatan. *ind

Komentar