nusabali

Keyakinan Konsumen RI Kembali Naik

  • www.nusabali.com-keyakinan-konsumen-ri-kembali-naik

JAKARTA, NusaBali
Survei Bank Indonesia (BI) menyatakan indeks keyakinan konsumen terhadap ekonomi Indonesia kembali menguat pada Maret 2021, meski belum memasuki zona optimistis.

Konsumen semakin yakin karena program vaksinasi covid-19 terus berlangsung. Direktur Eksekutif sekaligus Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan hal ini terindikasi dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) yang menyentuh level 93,4 pada Maret 2021.

Angkanya tercatat lebih tinggi dari 84,9 pada Januari dan 85,8 pada Februari 2021. "Responden menyampaikan bahwa perkembangan program vaksinasi nasional yang berjalan lancar mendorong perbaikan keyakinan terhadap kondisi ekonomi saat ini maupun ekspektasi ke depan," ungkap Erwin dalam keterangan resmi, seperi dilansir cnnindonesia.com, Jumat (9/4).

Selain karena vaksin, bank sentral nasional menyatakan perbaikan keyakinan konsumen juga didukung oleh ekspektasi terhadap ketersediaan lapangan kerja, ekspansi kegiatan usaha, dan penghasilan pada enam bulan yang akan datang.

“Responden menyampaikan bahwa perbaikan ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan ditopang oleh membaiknya ekspektasi terhadap ketersediaan lapangan kerja, ekspansi kegiatan usaha, dan penghasilan pada 6 bulan yang akan datang," sebut Erwin dalam keterangan tertulis BI, Jumat (9/4).

Kemudian, juga dipengaruhi oleh persepsi yang semakin baik pada pembelian barang tahan lama. Lebih lanjut, Erwin menyampaikan perbaikan keyakinan konsumen tercatat pada seluruh kategori tingkat pengeluaran responden. Begitu juga pada semua lapisan kelompok pendidikan.

"Secara spasial, keyakinan konsumen membaik di 12 kota yang disurvei, tertinggi di kota Surabaya, diikuti oleh Manado dan Pontianak," terang dia. *

Komentar