nusabali

Diminta Kembangkan Air Jadi Brand Khas Tabanan

Bupati Sanjaya Lantik Direksi dan Pengawas Perusda

  • www.nusabali.com-diminta-kembangkan-air-jadi-brand-khas-tabanan

TABANAN, NusaBali
Direksi dan dewan pengawas Perusahaan Daerah Dharma Santika (PDDS) Tabanan dilantik di Pura Luhur Batukau, Desa Wongaya, Kecamatan Penebel, Tabanan, Jumat (9/4).

Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya minta direksi baru  ini berinovasi memanfatkan air menjadi produk brand khas Tabanan.

Direksi dan pengawas baru ini adalah Kompiang Gede Pasek Wedha sebagi Direktur Utama, I Ketut Arjawa Direktur Umum, I Putu Anom Artadana Direktur Bisnis dan Pengawas I Nyoman Sapta Adi. Pelantikan pengurus PUDDS baru ini langsung diambil sumpah jabatan oleh Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya.

Turut hadir saat itu, Wakil Bupati Tabanan I Made Edi Wirawan, Sekda Tabanan I Gede Susila, Asisten II AA Ngurah Trisna Dalem, serta OPD terkait di lingkungan Pemkab Tabanan.

Seperti diketahui, sejak tahun 2017 PUDDS yang sebelumnya mati suri sudah diaktifkan kembali. Adapun filosofi dan tujuan dari mengaktifkan kembali PUDDS, yakni mengoptimalkan potensi lokal daerah yang memungkinkan untuk dikembangkan dalam meningkatkan perekonomian berbasis kerakyatan melalui BUMDes yang ada di desa. “Memperhatikan maksud dan tujuan yang sangat mulia dan strategis tersebut, maka saya harapkan kepada direksi yang baru dilantik untuk bekerja secara optimal dan berkoordinasi dengan institusi yang berkompeten dalam pengelolaan perusahaan, sehingga PUDDS mempunyai arah yang pasti,” pinta Bupati Sanjaya.

Dia juga mengingatkan segala sesuatu yang dikerjakan harus jelas. Mulai dari membuat program kerja baik jangka pendek maupun menengah, mengkonsep program yang inovatif dengan tetap memperhatikan potensi lokal yang ada. Menjalin koordinasi dan komunikasi dengan BUMDes, mendata seluruh potensi yang ada dan termasuk solusi pengembangannya, serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia pengelola PUDDS.

Karena bagaimana pun, kata Bupati Sanjaya, penyertaan modal yang sudah diberikan sebesar Rp 14 miliar bisa dipergunakan dengan baik dan mengikuti aturan yang berlaku. Sehingga, bisa berkembang dan nantinya meberikan kontribusi dalam menyejahterakan masyarakat bahkan memberikan keuntungan bagi PAD Kabupaten Tabanan.

Bupati Sanjaya juga mencontohkan salah satu hal kecil yang bisa dijadikan potensi pendapatan adalah air dimanfaatkan menjadi sebuah produk dengan branded khas Tabanan. Dengan banyaknya lahan dengan keindahan alamnya, sangat memungkinkan untuk dikembangkan untuk kesejahteraan masyarakat Tabanan. Bupati Sanjaya berharap Perusda mampu memunculkan inovasinya bahkan mewujudkan contoh kecil tersebut.

“Saya selaku keterwakilan pemilik modal, mengharapkan agar PUDDS dapat berkembang sesuai dengan yang kita harapkan bersama, dibawah kendali direksi baru. Tidak lupa juga saya ucapkan terimakasih banyak kepada dewan pengawas dan direksi yang sudah mengabdi sebelumnya,” imbuh Sanjaya.

Pada kesempatan itu, sebelum melantik secara resmi, Bupati Sanjaya beserta rombongan dan direksi beserta jajaran PUDDS sembahyang bersama di Pura Luhur Batukau, dipimpin sulinggih dan pamangku pura setempat. *des

Komentar