nusabali

PTM di Karangasem Dimulai 26 April

  • www.nusabali.com-ptm-di-karangasem-dimulai-26-april

Bupati I Gede Dana mengingatkan, jangan sampai ada guru belum divaksin saat menggelar pembelajaran tatap muka.

AMLAPURA, NusaBali

Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Karangasem menjadwalkan pembelajaran tatap muka (PTM) dimulai pada tanggal 26 April nanti. Sebelum memulai PTM, vaksinasi Covid-19 untuk tenaga pendidik di Karangasem pun diprioritaskan. Tercatat sebanyak 5.306 guru TK, SD, dan SMP telah menjalani vaksinasi Covid-19. Sebanyak 312 sekolah telah diverifikasi dan dinyatakan siap menjalani PTM.

Kadisdikpora Karangasem I Gusti Ngurah Kartika, mengungkapkan secara umum sekolah di Karangasem telah siap melaksanakan pembelajaran tatap muka. “Salah satu syaratnya, guru pengajar mesti telah menjalani vaksinasi sebanyak dua kali,” kata I Gusti Ngurah Kartika usai mendampingi Bupati Karangasem I Gede Dana membuka lomba daring di Aula Sabha Widya Praja Kantor Disdikpora Karangasem, Jalan Veteran Amlapura, Jumat (9/4). Meski para guru telah mendapatkan vaksin, tetap diwajibkan menjalankan protokol kesehatan.

I Gusti Ngurah Kartika menjelaskan, ketentuan dari Kementerian Pendidikan Nasional, jika di salah satu sekolah ditemukan adanya kasus terkonfirmasi Covid-19, maka sekolah itu wajib ditutup selama 3 hari. Selanjutnya pengelola sekolah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan dan GTPP Covid-19 setempat. Mengecek kembali ke sekolah menyangkut sarana protokol kesehatan, pengaturan bangku agar belajarnya jaga jarak, dan lainnya.

Bupati I Gede Dana juga mengingatkan, saat pembelajaran tatap muka dilakukan, jangan sampai ada guru yang belum divaksin. “Jangan sampai buka sekolah, kembali ada kasus terkonfirmasi Covid-19, sehingga sekolah kembali ditutup,” tegas Bupati I Gede Dana. Disdikpora diminta serius mengawasi aktivitas belajar mengajar selama menggelar PTM. Mengawasi protokol kesehatan, menyediakan tempat cuci tangan, siswa dan guru ke sekolah pakai masker, dan mengatur jarak meja belajar. “Saya segera keluarkan izin PTM, karena daerah lain juga telah melakukannya," kata Bupati I Gede Dana yang juga Ketua DPC PDIP Karangasem.

Koordinator Disdikpora Kecamatan Karangasem, I Gusti Ketut Panon, saat dihubungi mengaku telah dua kali menjalani vaksinasi sehingga telah siap menjalankan PTM. Begitu juga Koordinator Disdikpora Kecamatan Selat I Komang Suta Wirata mengaku telah dua kali menjalani vaksinasi. “Saya sudah dua kali jalani vaksinasi dan siap menjalankan PTM,” kata I Komang Suta Wirata. *k16

Komentar