nusabali

Penyaluran Beasiswa Mahasiswa Macet

  • www.nusabali.com-penyaluran-beasiswa-mahasiswa-macet

BANGLI, NusaBali
Program beasiswa untuk mahasiswa berprestasi asal Kabupaten Bangli macet sejak 2018 lalu.

Masing-masing mahasiswa menerima beasiswa sebesar Rp 1 juta per bulan. Pemkab Bangli masih melakukan pembahasan untuk penyaluran beasiswa bagi mahasiswa berprestasi baik yang kuliah di perguruan tinggi negeri di Bali maupun luar Bali.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Bangli, Dewa Agung Putu Purnama menjelaskan beasiswa terakhir disalurkan pada tahun 2018. Pada tahun itu ada 73 mahasiswa penerima beasiswa. Besaran beasiswa Rp 1 juta per bulan. “Dalam setahun beasiswa yang diterima sebesar Rp 12 juta. Beasiswa langsung ditransfer ke rekening masing-masing penerima,” jelas Dewa Purnama, Kamis (8/4).

Dewa Purnama menjelaskan, beasiswa bagi mahasiswa berprestasi asal Bangli tidak cair di tahun 2019 karena ada kegiatan lain menjadi prioritas. Sedangkan pada tahun 2020, beasiswa tidak disalurkan akibat imbas pandemi Covid-19. “Tahun kemarin dilaksanakan refocusing anggaran. Maka dari itu penyaluran beasiswa terhenti,” jelasnya. Sementara beasiswa tahun 2021 masih akan dibahas.

Dewa Purnama menegaskan, tahun ini masih situasi pandemi Covid-19 dan pemerintah daerah juga melakukan refocusing anggaran. Mantan Camat Tembuku ini menambahkan, beasiswa ini diperuntukkan bagi mahasiswa berprestasi dengan IPK 3,5. “Beasiswa ini menyasar mahasiswa berprestasi dengan jurusan yang sudah disepakati serta merupakan warga Bangli yang tinggal di daerah sulit,” tegas Dewa Purnama. *esa

Komentar