nusabali

Talenan

  • www.nusabali.com-talenan

Salah satu perkakas dapur atau peralatan memasak adalah talenan, alas untuk memotong bahan seperti daging, bumbu dan lainnya.

Bagaimana talenan dibuat, bisa ditemukan seputar peteluan atau pertigaan jalan raya Temesi, Gianyar menuju Bangli ke utara dan Klungkung ke arah timur.

Kawasan tersebut bisa dikatakan sebagai ‘sentra’ pembuatan talenan. Tidak banyak yang membuat. Namun karena bentuk talenan yang khas dipajang sedemikian rupa  di pinggir jalan, maka tampak ramai. “Ini talenan dari kayu asem,” ujar I Made Perdi, salah seorang tukang/pembuat talenan, Rabu (7/4).

Pria asal Desa Sukawana, Kintamani ini tiap hari bergelut dengan potongan kayu asam, kemudian membentuknya dengan memotong sedemikian rupa menjadi talenan yang siap pakai.
“Saya bekerja pada ipar,” ungkapnya.

Talenan yang dibuat selain dijual eceran juga dijual ke beberapa tempat di Bali. “Hanya sejak pandemi pengiriman menurun,” kata I Made Sentana, yang empunya usaha talenan tersebut. Namun demikian satu dua talenan masih tetap ada yang beli. Yang jelas  tidak seramai sebelum Covid-19. *K17

Komentar