nusabali

Sejumlah Posisi Jabatan di Tabanan Kosong

  • www.nusabali.com-sejumlah-posisi-jabatan-di-tabanan-kosong

TABANAN, NusaBali
Sejumlah posisi jabatan eselon III dan eselon IIIa di  Pemkab Tabanan, kini masih lowong karena ditinggal pensiun pejabatnya.

Pemkab Tabanan belum menentukan pengisian definitif posisi lowong jabatan itu Untuk mencegah kekosongan, sejumlah jabatan lowong tersebut sudah diisi pelaksana tugas (plt).

Sejumlah posisi jabatan eselon III lowong adalah Kepala Pelaksana BPBD Tabanan. Karena pejabat sebelumnya, I Gusti Ngurah Sucita, pensiun per Maret 2021. Saat ini sudah ditunjuk I Dewa Ketut Anta Kesuma (Kasi Rehabilitasi dan Konstruksi BPBD Tabanan) sebagai Plt pada posisi itu. Jabatan eselon III lainnya yang kosong yakni Kabag Hukum Setda Tabanan kerena ditinggal pensiun oleh pejabat sebelumnya, I Gusti Ayu Sumarpatni per 1 Januari 2021.

Kekosongan kursi jabatan itu diisi oleh Plt yang dijabat Sagung Ari Yuliana Padmi (Kasubag Perundang-undangan Bagian Hukum dan HAM Setda Tabanan). Kekosongan jabatan juga terjadi pada posisi eselon IIIa. Diantaranya, Sekretaris Bapelitbang, Sekretaris Dinas Pendidikan, dan Sekretaris Dinas Kesehatan.

Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Tabanan I Wayan Sugatra mengakui, sejumlah jabatan kosong tersebut sudah diisi dengan Plt. Sehingga unit kerja atau organisasi perangkat daerah (OPD) itu masih berjalan baik. "Dengan ditunjuk Plt itu, maka kinerja pemerintahan tidak terganggu," ujarnya, Rabu (7/4).

Kata dia, jabatan kosong ini terjadi karena pejabat sebelumnya sudah pensiun. Mereka pensiun rata-rata di tahun 2021. "Semuanya pensiun di tahun 2021. Kabag Hukum malah pensiun pada Desember 2020. Untuk mengisi kekosongan pejabat definitif ini masih menunggu arahan," tegasnya.

Sugatra menambahkan kekosongan pejabat di Tabanan untuk eselon II belum ada yang kosong. "Yang eselon II tidak ada yang kosong, yang eselon IV baru ada, tetapi jumlahnya itu saya tidak hafal," kilahnya.

Disinggung terkait jabatan asisten I yang belum ditetapkan hingga sekarang, Sugatra mengatakan masih menunggu keputusan pimpinan. Namun saat ini untuk mengisi kekosongan tersebut sudah ditunjuk Plt yakni Kabag Tata Pemerintahan Setda Tabanan AA Ngurah Agung Satria Tenaga. Pejabat ini masuk 3 besar pemenang lelang jabatan eselon II atau jabatan pimpinan tinggi (JPT) pratama yang digelar Oktober 2020. "Kami masih menunggu arah pimpinan untuk pengisian jabatan lowong ini. Karena sebelumnya Tabanan masih dalam suasana Pilkada," katanya. *des

Komentar