nusabali

Chelsea Bikin Porto Tak Berdaya

  • www.nusabali.com-chelsea-bikin-porto-tak-berdaya

SEVILLA, NusaBali.com - Chelsea menang meyakinkan dengan skor 2-0 atas Porto dalam leg pertama perempat final Liga Champions yang dimainkan di Stadion Ramon Sanchez-Pizjuan, Sevilla, Spanyol, Rabu (7/4/2021) atau Kamis dini hari Wita.

Mason Mount dan Ben Chilwell mencetak gol-gol penting bagi Chelsea yang akan bertindak sebagai tuan rumah dalam leg kedua yang kembali harus dimainkan di Ramon Sanchez-Pizjuan pada Selasa (13/4/2021) pekan depan. Laga kembali dilangsungkan di Sevilla Spanyol karena berkaitan dengan protokol Covid-19.

Absennya pahlawan kemenangan atas Juventus, Sergio Oliveira, tampak cukup mempengaruhi ketajaman lini depan Porto di laga kali ini yang gagal meraih satu gol pun kendati lebih agresif melepaskan percobaan ke gawang. Catatan statistik laman resmi UEFA mencatat Porto melakukan 12 percobaan tembakan, dua kali lipat lebih banyak dari yang dimiliki Chelsea sepanjang laga.

Pada menit ke-23 misalnya, Otavio melepaskan tembakan yang masih lurus untuk dihalau kiper Edouard Mendy dan Zaidu Sanuzi yang menyambar bola muntah malah menendangnya terlalu tinggi dari sasaran.

Setelah keluar dari tekanan, Chelsea membuka keunggulan pada menit ke-32 melalui aksi Mount melewati hadangan Chancel Mbemba untuk menyambut umpan Jorginho dengan tembakan sentuhan pertama yang tak mampu diantisipasi kiper Agustin Marchesin. Mount mencetak gol perdananya di Liga Champions sekaligus menobatkan diri sebagai pencetak gol termuda Chelsea di babak gugur kompetisi tersebut. Pada menit ke-71, Marega jatuh di dalam kotak penalti Chelsea didorong oleh Cesar Azpilicueta, tetapi wasit Slavko Vincic menyatakan insiden itu tidak cukup untuk berbuah hadiah penalti.

Chelsea perlahan tapi pasti mulai mengambil alih kendali permainan tetapi tidak terburu-buru melancarkan serangan hingga pada menit ke-84 Christian Pulisic hampir mencetak gol kedua bagi timnya jika saja tembakannya tak membentur tiang gawang. Semenit berselang, Chelsea akhirnya mampu menggandakan keunggulan mereka memanfaatkan kesalahan Corona yang kehilangan penguasaan bola dan Chilwell mencurinya sebelum melewati hadangan Marchesin serta mencetak gol ke gawang yang sudah tak bertuan mengunci kemenangan 2-0 bagi tim besutan Thomas Tuchel.

Kendati sudah memenangi leg pertama dengan mengantungi bekal dua gol tandang, gelandang Chelsea Jorginho menegaskan timnya tidak boleh terbuai sudah memiliki keunggulan sebab itu bisa memancing kesalahan yang tidak diinginkan.

"Kami semua senang dengan hasil ini, tetapi tidak boleh jemawa untuk laga kedua," kata pemain terbaik dalam laga ini. "Kami tidak boleh berpikir sudah memiliki keunggulan apapun, sebab itu bisa berujung kesalahan. Kami harus tetap tenang dan fokus," ujar Jorginho menambahkan.

Di sisi lain, hasil tersebut menjaga catatan nirbobol bagi Chelsea untuk tiga pertandingan beruntun di Liga Champions, sebuah perbaikan dari kekalahan telak 2-5 saat menghadapi West Bromwich Albion di Liga Inggris akhir pekan lalu.

Sementara itu pelatih Porto Sergio Conceicao merasa kekalahan 0-2 dari Chelsea dalam leg pertama perempat final Liga Champions sebagai hasil yang sadis. "Hasil yang cukup sadis, tetapi pada akhirnya yang dihitung adalah gol dan Chelsea mencetaknya sementara kami tidak," kata Conceicao soal timnya yang banyak membuang peluang.

Statistik laman resmi UEFA mencatat Porto melepaskan 12 percobaan tembakan sepanjang laga, dua kali lipat lebih banyak dibandingkan Chelsea, tetapi tak satu pun berbuah gol ketika gawang mereka sendiri dibobol dua kali oleh Mason Mount dan Ben Chilwell. "Kami tampil sangat baik, konsisten dalam bertahan dan mampu mengancam saat menyerang. Kami bisa menciptakan beberapa peluang, sayangnya tidak ada gol," kata Conceicao. *ant



Komentar