nusabali

Basarnas, TNI dan Polri Gelar Latihan Bersama

  • www.nusabali.com-basarnas-tni-dan-polri-gelar-latihan-bersama

MANGUPURA, NusaBali
Badan Nasional dan Pencarian (Basarnas) Denpasar bersama unsur TNI dan Polri menggelar latihan bersama di kantor Basarnas Denpasar Jalan Uluwatu, Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, Badung pada Rabu (7/4) pagi.

Latihan bersama itu dalam rangka menyamakan persepsi saat melakukan upaya pertolongan maksimal kepada masyarakat yang terdampak bencana.

Kepala Kantor Basarnas I Gede Darmada, menerangkan latihan bersama yang melibatkan puluhan peserta masing-masing 10 orang dari Brimob Polda Bali, 4 orang dari Polair Polda Bali, 4 orang dari Samapta Polda Bali, 4 orang dari TNI/Yon Zipur 18/YKR, 4 orang dari BPBD Provinsi Bali, dan 4 orang dari Basarnas ini sebagai upaya meningkatkan kemampuan saat memberikan pertolongan kepada masyarakat.

“Saya sangat mengapresiasi latihan bersama ini, selain menjalin keakraban antarpersonel, kegiatan ini juga nantinya dapat menghilangkan ego sektoral yang terjadi di lapangan,” ujar Darmada.

Darmada menyatakan, sinergitas Basarnas beserta TNI-Polri dan stakeholder lainnya bidang kebencanaan sudah terjalin dengan sangat baik. Hal tersebut dapat dilihat dari suksesnya pelaksanaan operasi pencarian dan pertolongan yang dilaksanakan bersama. “Kegiatan seperti ini akan terus kita tingkatkan ke depannya,” imbuh Darmada

Sementara, Kompol I Nyoman Gatra mewakili Karo Ops Polda Bali dalam sambutan menuturkan jika latihan bersama ini sangat baik. Menurutnya, Indonesia saat ini banyak terjadi bencana alam yang membutuhkan kehadiran personel yang memiliki kemampuan Search and Rescue (SAR) untuk membantu masyarakat yang terkena bencana alam. Oleh karena itu, unit SAR merupakan salah satu harapan masyarakat manakala mengalami suatu musibah yang membutuhkan pertolongan maupun pencarian guna menyelamatkan jiwa atau harta benda yang dimiliki. “Latihan bersama yang dilaksanakan ini untuk meningkatkan kemampuan personel dan juga menyamakan persepsi saat kegiatan,” kata Kompol Gatra. *dar

Komentar