nusabali

Sambut Harbuknas, Diskerpus Gelar Aneka Lomba

  • www.nusabali.com-sambut-harbuknas-diskerpus-gelar-aneka-lomba

MANGUPURA, NusaBali
Serangkaian Hari Buku Nasional (Harbuknas) tahun 2021 yang diperingati setiap 17 Mei, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Badung menggelar berbagai lomba.

Aneka lomba ini diharapkan bisa memantik gairah membaca buku dalam mempersiapkan diri menghadapi tantangan global.

Ketua Panitia Lomba Dewa Rai T Arymbawa, menjelaskan perayaan Hari Buku Nasional tahun 2021 yang bertema ‘Satu Buku Seribu Harapan’ ini bertujuan meningkatkan minat baca dan peningkatan potensi siswa/siswi dalam menghadapi tantangan global. Berbagai lomba ini diikuti oleh peserta jenjang SD hingga SMP.

Adapun lomba yang digelar antara lain lomba melukis yang diikuti murid SD kelas IV pada 6 April 2021 yang setiap kecamatan diwakili masing-masing 4 peserta. Lomba membaca puisi pada 7-8 April 2021 yang diikuti murid kelas V SD dengan jumlah peserta yang sama (4 orang) dari masing masing kecamatan.

“Ada juga lomba membuat hastag Hari Buku yang diikuti masing-masing gugus dan SMP. Pelaksanaannya sebanyak 2 kali yaitu pada 3 dan 4 Mei 2021,” kata Dewa Rai.

Selain itu, diselenggarakan pula lomba bercerita yang diikuti murid kelas V SD pada 17-18 Mei 2021, dengan wakil masing masing kecamatan sebanyak 4 peserta. Termasuk juga lomba membuat karya tulis yang diikuti murid kelas VIII (kelas II SMP), di mana hasil karya tulis dikirimkan ke Diskerpus Badung.

“Tak ketinggalan ada juga lomba membuat cerita pendek tentang Pemanfaatan Perpustakaan di Masa Pandemi, yang diikuti anak-anak kelas VII (kelas I SMP) dan hasil karyanya juga dikirimkan ke Diskerpus Badung. Berikutnya lomba membuat profil perpustakaan yang diikuti masing-masing gugus dan perpustakaan SMP dan hasil karyanya dikirimkan ke Diskerpus Badung,” imbuh Dewa Rai. Dia menyebut kegiatan lomba menerapkan protokol kesehatan secara ketat. *ind

Komentar