nusabali

Badung Jadi Pilot Project Percepatan Pelaksanaan Smart City di Indonesia

  • www.nusabali.com-badung-jadi-pilot-project-percepatan-pelaksanaan-smart-city-di-indonesia

MANGUPURA, NusaBali
Penerapan smart city di Kabupaten Badung sudah mencapai level impact. Internet gratis sudah tersedia di sejumlah desa dan banjar se-Badung.

Pihak banjar maupun desa bisa memanfaatkannya untuk warganya sendiri. Karenanya, Badung rencananya akan dijadikan pilot project percepatan pelaksanaan smart city di Indonesia. “Badung sudah melakukan perkembangan smart city. Maka dari itu layak diajukan sebagai contoh wilayah smart city dalam event Indonesia International Smart City Expo yang akan diadakan Juli mendatang,” ungkap Kasubdit Administrasi Kawasan Perkotaan  Direktorat Jenderal Bina Administrasi Wilayah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Gensly SE saat menerima Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa yang didampingi Sekda Adi Arnawa, di Jakarta, Selasa (6/4).

Hingga saat ini, kata Gensly, smart city network sudah ada di 26 wilayah, di mana 10 negara ASEAN yang menjadi piloting start awal. Pihaknya akan mendorong Pemkab Badung untuk tampil ke kancah internasional. “Kita harus punya mapping dulu, agar kita tidak kalah dengan Filipina dan Kamboja. Besar harapan kami karena melihat perkembangan Badung sangat pesat untuk smart city, namun sebelumnya akan diadakan kunjungan dari Kementerian ke Badung,” tambah Gensly.

Wabup Suiasa didampingi Sekda Adi Arnawa mengapresiasi kesempatan yang diberikan dalam rangka menjadikan Kabupaten Badung sebagai daerah percontohan percepatan penerapan smart city di ajang event Indonesia International Smart City Expo. Wabup Suiasa mengungkapkan bahwa Pemerintah Kabupaten Badung berkomitmen mempermudah publik untuk mengakses informasi di lingkungan Kabupaten Badung.

“Badung Smart City mencakup beragam informasi mengenai Kabupaten Badung yang dapat diakses seluruh masyarakat, yang meliputi informasi keragaman adat, budaya dan agama, tata kelola pemerintahan, pelayanan publik, informasi pendidikan dan kesehatan, ekonomi kerakyatan, penegakan hukum, lingkungan hidup, infrastruktur, dan pariwisata,” ujar Wabup Suiasa. *ind

Komentar