nusabali

Rumah Ditimpa Pohon Kelapa, Konten Diselamatkan Lemari

  • www.nusabali.com-rumah-ditimpa-pohon-kelapa-konten-diselamatkan-lemari

AMLAPURA, NusaBali
Petani penggarap I Ketut Konten, 62, di Banjar Subagan, Desa Sengkidu, Kecamatan Manggis, Karangasem, Rabu (7/4) pukul 08.30 Wita, tertindih pohon kelapa, yang tumbang di lahan garapannya.

Korban selamat, hanya mengalami luka ringan di pergelangan kakinya. Syukurnya, korban terlindungi almari, saat pohon kelapa tumbang yang menghantam bagian almari, dan korban berada di antara almari dan batang pohon kelapa.

Perbekel Sengkidu I Wayan Darpi menuturkan, korban status bujangan, tinggal di tengah tegalan yang merupakan lahan garapannya, dengan rumah sangat sederhana beratap seng. Pagi itu, angin kencang bertiup dari arah pantai selatan, mulanya pohon kelapa panjang 15 meter, dan diameter 30 cm roboh menimpa pohon waru panjang 8 meter dan diameter 35 cm kemudian kedua pohon itulah menindih bangunan hingga ringsek.

Akibatnya atap bangunan berserakan, sedangkan korban saat itu sedang tidur-tiduran, selamat dari ancaman bahaya, karena tepat berada di antara almari dan batang kelapa. "Bagian pergelangan kakinya mengalami luka ringan, karena kena ranting pohon waru. Telah pula diantar ke Puskesmas Manggis II, dan secara fisik tidak terjadi masalah," katanya.

Turut hadir, kemenakan korban I Wayan Suarta yang mengantar korban. Penanganan pohon kelapa dan waru yang tumbang, dilakukan petugas BPBD Karangasem dikoordinasikan Kepala Pelaksana Ida Ketut Arimbawa, juga hadir Kelian Banjar Subagan I Komang Sulatra, Perbekel Sengkidu I Wayan Darpi dan sejumlah warga masyarakat.

Ida Ketut Arimbawa mengatakan, bencana pohon waru dan kelapa yang tumbang menimpa rumah warga hingga ringsek, tetap saja perlu disyukuri. Sebab korban I Ketut Konten selamat dari ancaman bahaya. Mengingat I Ketut Konten, diselamatkan almari miliknya, sehingga terhindar dari hantaman pohon kelapa.

"Jadi korban itu berada di antara almari dan pohon kelapa. Pohon kelapa itu bersandar di almari, makanya korban selamat," katanya.

BPBD katanya, rencananya Kamis (8/4) akan membawakan bantuan, untuk meringankan beban sosial dialami korban. "Nanti Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD membawakan bantuan," jelas Ida Ketut Arimbawa. *k16

Komentar