nusabali

PP KMHDI Open Recruitment Pengurus Baru

  • www.nusabali.com-pp-kmhdi-open-recruitment-pengurus-baru

JAKARTA, NusaBali
Pimpinan Pusat Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (PP KMHDI) melakukan open recruitment kepengurusan.

Hal tersebut dilakukan setelah terpilihnya I Putu Yoga Saputra sebagai Ketua Presidium PP KMHDI, I Wayan Darmawan sebagai Presidium I dan Putu Asrinidevy sebagai Presidium II periode 2021-2023 dalam Mahasabha di Pusdiklat MK, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada 23 Maret 2021 lalu.

Mereka pun harus melengkapi struktur kepengurusan pusat. Putu Yoga mengatakan, open recruitment kepengurusan pusat baru kali ini dilakukan untuk mengukur antusiasme kader KMHDI di seluruh Indonesia untuk mengabdi di tingkat pusat.

"Ini bukan metode asing di telinga kita, karena kita kerap mendengar berbagai organisasi menerapkan cara seperti itu. Namun bagi KMHDI di tingkat PP, ini baru pertama kali dilakukan. Open recruitment dilakukan untuk melihat keseriusan kader memberikan kontribusi di pusat," imbuh Putu Yoga kepada NusaBali, Rabu (7/4).

Open recruitment, lanjut pemuda dari Sulawesi Selatan ini, dilakukan dalam dua tahap. Pertama, calon pengurus melakukan registrasi yang dimulai pada Selasa (6/4) sampai Senin (12/4). Kedua, calon pengurus menjalani uji kompetensi.

Di mana mereka akan menunjukkan kemampuan sesuai dengan bidang yang diminati. Uji kompetensi tersebut disiapkan oleh jajaran Presidium PP KMHDI. "Untuk uji kompentensi, kami sudah siapkan terkait tugas-tugasnya. Setiap penugasan tergantung struktural yang dipilih," jelas Putu Yoga. Misal, calon pengurus memilih Departemen Organisasi, maka penugasannya seputar topik organisasi. Di PP KMHDI sendiri ada enam departemen. Departemen Organisasi, Departemen Kaderisasi, Departemen Data dan Informasi, Departemen Kajian dan Isu, Departemen Penelitian dan Pengembangan serta Departemen Sosial dan Kemasyarakatan.

Masing-masing departemen diisi empat personel. Jumlah tersebut, sudah termasuk Ketua Departemen. Selain itu, PP KMHDI juga mencari satu orang Wakil Sekjen dan satu orang Wakil Bendahara Umum. Untuk mengikuti open recruitment, para calon harus menyertakan rekomendasi secara tertulis dari PC/PD KMHDI.

Rekomendasi ditujukan kepada PP KMHDI. Syarat lainnya, telah mengikuti Diklat Manajemen Organisasi (DMO), pernah menjadi pengurus di PC atau PD KMHDI, menyatakan kesediaan menjadi pengurus PP KMHDI secara tertulis, tidak memiliki kesenjangan intelektual, semangat dan komunikatif. Bagi calon pengurus yang lolos akan diumumkan pada Minggu (18/4). Putu Yoga berharap, pada kader KMHDI seluruh Indonesia mengikuti open recruitment itu agar kelak menghasilkan kepengurusan yang mumpuni di tingkat pusat. *k22

Komentar