nusabali

Cabuli Anak Tiri Selama 2 Tahun, Ayah Bejat Disidang

Terancam Hukuman Maksimal 15 Tahun Penjara

  • www.nusabali.com-cabuli-anak-tiri-selama-2-tahun-ayah-bejat-disidang

Korban dipaksa melayani nafsu bejat ayah tirinya dengan ancaman.

DENPASAR, NusaBali
Ayah bejat, BC, 44, harus mempertanggungjawabkan perbuatannya melakukan aksi pencabulan kepada anak tirinya yang berusia 12 tahun. Parahnya, aksi cabul BC sudah dilakukan sejak 2018 lalu dan baru terkuak pada akhir 2020 lalu.

Hal ini terungkap dalam dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Widyaningsih dalam sidang online tertutup Rabu (7/4). Dalam sidang online, JPU sampai meminta agar wajah pelaku tidak dimunculkan dalam layar monitor karena korban yang dihadirkan untuk bersaksi masih mengalami trauma.

Dalam berkas dakwaan yang diajukan ke hadapan majelis hakim diketuai I Ketut Kimiarsa, Jaksa Widyaningsih menjerat terdakwa dengan dua pasal berlapis dengan ancaman pidana maksimal 15 tahun dan denda Rp 5 miliar.

Pada dakwaan pertama, BC disebut telah melakukan kekerasan atau ancaman kekerasan dan memaksa anak untuk mengikuti nafsunya yang dilakukan secara berlanjut. Perbuatannya diatur dan diancam dalam Pasal 81 Ayat (1) Jo. Pasal 76D lengkap dengan perubahannya Tentang Perlindungan Anak Jo Pasal 64 Ayat (1) KUHP.

Kemudian pada dakwaan kedua, Jaksa Widyaningsih menyebut BC melakukan tipu muslihat, serangkaian kebohongan untuk membujuk anak korban untuk menuruti nafsu bejatnya. Perbuatan diatur dan diancam dalam Pasal 81 ayat (2) Jo. Pasal 76D lengkap dengan perubahannya Tentang Perlindungan Anak Jo Pasal 64 Ayat (1) KUHP.

Dalam dakwaannya, Jaksa Widyaningsih menyampaikan secara jelas perbuatan bejat yang dilakukan terdakwa sejak tahun 2018 di rumah mereka di Denpasar. Dimulai ketika BC menyelinap masuk ke kamar mandi dan langsung melakukan pencabulan terhadap korban yang sedang mandi.

Sejak saat itu, terdakwa terus memaksa anak korban untuk menuruti nafsu bejatnya.  Bahkan terdakwa mengancam apabila anak korban coba melawan dan melaporkan perbuatannya ke orang lain. Hingga akhirnya ibu korban yang curiga dengan kondisi putrinya ini pun berusaha membujuk korban untuk bercerita. Terdakwa dilaporkan ke pihak kepolisian pada tahun 2020 lalu. *rez

Komentar