nusabali

Bali United Diuntungkan Waktu Recovery

  • www.nusabali.com-bali-united-diuntungkan-waktu-recovery

Skuat Serdadu Tridatu memiliki waktu recovery 11 hari. Hampir mendekati waktu istirahat 3 kali lipat dibandingkan tim Bajul Ijo

JOGJAKARTA, NusaBali
Pemain Bali United lebih diuntungkan pada perempat final Piala Menpora. Itu setelah waktu recovery pemain skuat Serdadu Tridatu lebih lama, pasca lolos delapan besar sebagai runer up grup D.

Bali United main terakhir Jumat (2/4) lalu ketemu Persita Tanggerang di penyisihan terakhir fase grup. Sementara calon lawannya Persebaya Surabaya harus menuntaskan penyisihan grup pada Rabu (7/4) jumpa PSS Sleman Jogjakarta.

Dengan demikian, jeda istirahat ke perempat final yang dijadwalkan Senin (12/4) mendatang menguntungkan Bali United. Bagi tim berjuluk Bajul Ijo hanya punya waktu recovery 4 hari. Sedangkan pemain Bali United punya waktu recovery jauh lebih panjang dilihat pertandingan terakhir.

Skuat Serdadu Tridatu memiliki waktu recovery 11 hari. Hampir mendekati waktu istirahat 3 kali lipat dibandingkan tim Bajul Ijo yang diarsiteki Aji Santoso. Pemulihan tenaga pemain lebih maksimal di Bali United. Sehingga diprediksi bermain lebih fresh dan total di laga penentuan itu.

Menangapi hal itu pelatih fisik Bali United, Yogie Nugraha, Selasa (6/4) mengakui ada keuntungan tersendiri bagi timnya. Dan persiapan menuju delapan besar sudah berjalan. Hanya saja secara tim, dia mengakui pemainnya belum sampai top perfomance. Hanya saja ini sifatnya pra musim, fisik pemainnya diakui sudah sesuai harapan awal.

Kata coach Yogie Nugraha prinsipnya kerja keras memang dimulai dari proses latihan. Bahkan semua pemain wajib kerja keras baik dilatihan atau pertandingan. Jangan harap bisa main, jika latihan santai-santai. Makanya, lawan siapapun Bali United sudah sangat siap. Apalagi, sepakbola itu bukan hanya faktor fisik saja. Ada elemen-elemen lain diluar fisik mesti mendukungnya. "Pemain kami siap untuk perempat final," tegas coach Yogie Nugraha.

Dia mencontohkan seperti apa yang dilakukan Hariono. Memang diawali kerja keras dari latihan. Dan itu dia buktikan saat main di lapangan. Dan hasilnya cukup bagus kontribusinya positif untuk tim. "Khusus Hariono memang konsisten di 3 pertandingan grup D. Pergerakannya sangat membantu tim meraih tiket ke perempat final," tandas coach Yogie Nugraha.

Sementara mengenai soal calon lawan kemungkinan besar Bali United akan bertemu Persebaya di 8 besar, dia mengakui jika lawannya didominasi pemain muda yang terbilang fisik baik. Hanya waktu recovery mereka lebih sedikit dengan Bali United. "Kita harus memanfaatkan waktu recovery ini dengan semaksimal mungkin. Dalam proses menuju fisik top performance," papar Yogie Nugraha.

Tim Bali United berhasil mengamankan satu tiket menuju babak 8 besar Piala Menpora 2021. Skuad Serdadu Tridatu berhasil mengumpulkan 5 poin dari dua kali imbang dan satu kemenangan di bawah juara grup D, Persib Bandung. "Diperempat final tim harus bekerja lebih bagus lagi di lapangan. Saat babak penyisihan grup ini ada tiga pertandingan yang berdekatan. Jadi saat ini tim punya waktu istirahat sekaligus memiliki persiapan yang lebih matang di babak berikutnya. Semoga tim bisa meraih hasil terbaik di babak selanjutnya," harap striker Bali United, Ilija Spasojevic. *dek

Komentar