nusabali

Lanal Denpasar Buka Pendaftaran Calon Prajurit AL

  • www.nusabali.com-lanal-denpasar-buka-pendaftaran-calon-prajurit-al

DENPASAR, NusaBali
Dalam rangka pemenuhan organisasi TNI khususnya TNI Angkatan Laut (AL), Lembaga Penyediaan Tenaga TNI Angkatan Laut (Lapetal) melalui Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Denpasar kembali membuka penerimaan prajurit calon taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) dan Calon Tamtama PK Gelombang 1 Tahun 2021.

Para calon prajurit itu akan diseleksi secara profesional dan transparan tanpa dipungut biaya alias gratis.

Danlanal Denpasar Kolonel Laut (P) I Komang Teguh Ardana, mengingatkan agar para peserta dan orangtua peserta seleksi waspada. Dia menegaskan bila ada pihak-pihak tertentu menawarkan jasa dengan iming-iming bisa meloloskan peserta itu adalah penipuan.

“Bila itu dialami para orangtua atau peserta, segera laporkan ke pihak panitia atau pihak berwenang untuk ditindak. Kami berusaha transparan dan profesional. Tujuannya untuk menjaring putra dan putri Bali terbaik menjadi prajurit TNI AL yang profesional,” tandas Kolonel Komang Teguh Ardana, Selasa (6/4).

Pembukaan penerimaan prajurit TNI AL ini serentak dibuka di Panda Lanal seluruh Indonesia. Pendaftaran dibuka secara online melalui website al.rekrutmen-tni.mil.id mulai 12 April sampai 7 Mei 2021. Akan divalidasi pada 19 April sampai 7 Mei 2021. Pelamar bisa langsung datang di Lanal Denpasar di Jalan Raya Sesetan Nomor 331, Kelurahan Sesetan, Kecamatan Denpasar Selatan.

Dia menjelaskan syarat yang harus dipenuhi oleh calon pendaftar di antaranya warga negara Indonesia, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara RI tahun 1945. Usia maksimal 22 tahun dan minimal 17 tahun 9 bulan pada saat pembukaan pendidikan pertama pada 3 Agustus 2021. Berkelakuan baik dan tidak memiliki catatan kriminalitas yang dikeluarkan secara tertulis oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polres setempat).

“Selain itu ada juga syarat tinggi badan minimal 163 cm dan berat badan seimbang. Untuk lebih lengkap persyaratan bisa dilihat langsung di website al.rekrutmen-tni.mil.id. Kami berkomitmen untuk menjalankan proses rekrutmen prajurit secara profesional, objektif, dan transparan,” ungkap Kolonel Komang Teguh Ardana.

Pada saat pelaksanaan tes seleksi, segala yang diperlukan sudah disiapkan panitia seleksi. Mulai dari tahap pendaftaran, tahapan seleksi uji pemeriksaan administrasi, kesehatan I, kesehatan II, kesehatan jiwa, uji jasmani, mental ideologi, psikologi, hingga sidang parade, dan penentuan akhir (pantukhir) daerah. *pol

Komentar