nusabali

Wabup Patriana Minta Jaga Kondusifitas pada Pilkel Serentak

  • www.nusabali.com-wabup-patriana-minta-jaga-kondusifitas-pada-pilkel-serentak

NEGARA, NusaBali
Wakil Bupati (Wabup) Jembrana I Gede Ngurah Patriana alias Ipat, menghadiri rapat koordinasi (rakor) panitia kabupaten dengan panitia desa pemilihan perbekel (Pilkel) serentak di 2021, di Ruang Rapat Lantai II Jimbarwana Pemkab Jembrana, Senin (5/4).

Ada 3 desa yang akan menggelar Pilkel serentak tahun ini, yakni, Desa Dangin Tukadaya, Kecamatan Jembrana, Desa Nusasari, Kecamatan Melaya, dan Desa Gumbrih, Kecamatan Pekutatan.

Dalam rakor panitia kabupaten kemarin diikuti Dandim 1617/Jembrana Letkol Inf Hasrifuddin Haruna, Pj Sekda Jembrana I Nengah Ledang, perwakilan Forkopimda, Camat se-Jembrana. Hadir pula perwakilan panitia desa yang akan melaksanakan Pilkel tahun ini. Dalam rakor kemarin diputuskan untuk Pilkel serentak di 3 desa ini akan digelar pada Sabtu, 22 Mei 2021 mendatang.

Wabup Ipat meminta agar seluruh pihak yang terlibat dalam rangkaian Pilkel serentak dapat saling mendukung. Bagaimana menjaga kondusifitas dan seluruh tahapan pemilihan dapat berlangsung dengan aman. “Rakor ini adalah sebagai langkah untuk mengawal seluruh tahapan Pilkel serentak dan untuk mengantisipasi berbagai potensi permasalahan yang timbul. Kepada masyarakat pemilih, nantinya agar bisa menjaga netralitas,” ucapnya.

Wabup Ipat menambahkan, di samping menjaga kondusifitas, dirinya mengingatkan dalam tahapan-tahapan hingga pelaksanaan Pilkel nanti, wajib menjalankan protokol kesehatan (prokes). Hal itu karena situasi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung. “Kepada seluruh pihak yang terlibat dalam Pilkel serentak, saya minta untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan di seluruh proses Pilkel serentak nantinya. Namun, jika ada masyarakat terkonfirmasi Covid-19 yang akan memilih, agar bisa ditangani. Atau diberi pendampingan sesuai prokes oleh dinas terkait,” ucapnya.

Dandim 1617/Jembrana Letkol Inf Hasrifuddin Haruna menyatakan siap mengawal keamanan Pilkel serentak tahun ini. Dirinya akan menurunkan personel di tiap lokasi pemilihan. “Untuk meredam potensi konflik, TNI juga akan ikut serta berjaga di tiap lokasi pemilihan. Terutama tempat yang rawan konflik akan diperketat pengamanannya. Kita berharap, semua berjalan aman dan lancar,” ujar Letkol Hasrifuddin. *ode

Komentar