nusabali

Bupati Suwirta Tinjau Mesin Olah Sampah di TOSS

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-tinjau-mesin-olah-sampah-di-toss

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta meninjau teknis kerja alat conveyor (pemutar sampah) di Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS), Dusun Karangdadi, Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Klungkung, Minggu (4/4).

Bupati didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan (DLHP) Klungkung I Ketut Suadnyana dan Camat Dawan I Dewa Gede Widiantara,  Kepala DLHP Klungkung I Ketut Suadnyana menyatakan, alat pemilah sampah tersebut merupakan bantuan CSR dari Asosiasi Pengusaha Sampah Indonesia (APSI). Dengan menggunakan alat tersebut dapat menghasilkan residu 10-20 persen, sedangkan apabila melakukan proses secara manual dapat menghasilkan 30 persen residu. "Keunggulan dari alat ini, adalah pemilahan jauh lebih cepat, dan sampah dapat dipilah dengan baik, dari egi kesehatan petugas juga lebih terjamin," katanya.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyampaikan dengan adanya alat ini, campuran sampah anorganik  pada sampah organik yang diolah menjadi Pupuk Kompos menjadi berkurang. Bupati Suwirta mengharapkan agar TOSS Center dapat menjadi tempat pengolahan sampah dan tempat edukasi serta menjadi tempat untuk menyelesaikan permasalahan  sampah di Kabupaten Klungkung. “Mudah-mudahan dengan adanya alat Conveyor ini, dapat meringankan pekerjaan petugas pemilah sampah di TOSS Center,” ujar Bupati Suwirta.

Bupati Suwirta menambahkan alat ini juga dapat membantu petugas untuk bekerja dengan baik dan focus. Karena sedikit saja petugas lengah, maka plastik akan ikut masuk ke dalam sampah organik.

Terkait kesehatan petugas yang bekerja di TOSS Center, Bupati Suwirta menugaskan Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan agar dapat menjaga kesehatan petugas yang bekerja di TOSS Center Kusamba ini, dan kepada petugas.

Bupati Suwirta berpesan agar tetap melaksanakan Protokol Kesehatan Covid-19 saat berada berada di tempat bekerja maupun di rumah masing-masing. Bupati Suwirta juga mengharapkan dengan adanya alat seperti ini, pekerja harus bekerja dengan serius, fokus dan terstruktur. Sehingga pekerjaan menjadi lebih cepat dan lebih ringan dibanding dengan cara manual.

Bupati Suwirta mengapresiasi jasa dan semangat petugas pemilah sampah, sehingga Kabupaten Klungkung dapat terbebas dari sampah anorganik dan sampah organik  di Kabupaten Klungkung dapat diolah dengan baik.*wan

Komentar