nusabali

14 Bartender Jembrana Beradu Kreasi Mixologi Arak Bali

  • www.nusabali.com-14-bartender-jembrana-beradu-kreasi-mixologi-arak-bali

NEGARA, NusaBali
Sebanyak 14 orang bartender unjuk kemampuan dalam lomba mixologi arak Bali di Anjungan Cerdas Mandiri (ACM) Rambutsiwi, Desa Yehembang Kangin, Kecamatan Mendoyo, Jembrana, Sabtu (3/4).

Dalam lomba yang digelar DPC PDIP Jembrana ini, peserta menyajikan arak Bali yang diracik dengan berbagai bahan campuran sesuai kreasi masing-masing.

Para peserta yang juga merupakan kalangan anak muda Jembrana ini, membawakan berbagai macam kreasi. Kebanyakan berkreasi menciptakan cita rasa arak Bali dengan campuran sirup ataupun sari buah-buahan. Ada yang menggunakan campuran bahan buah kopi, pisang, semangka, jahe, nanas, lemon, celagi (buah asam). Ada juga yang mencampur arak Bali dengan bumbu rujak.

Ketua DPC PDIP Jembrana, I Made Kembang Hartawan mengatakan lomba mixology arak Bali ini merupakan rangkaian HUT ke-48 PDIP. Lomba mixology arak Bali ini bertujuan membangkitkan potensi lokal. Termasuk mendorong para bartender muda untuk berproduksi serta berkreasi di tengah pandemi Covid-19.

"Arak Bali juga bisa menumbuhkan sektor ekonomi lokal. Kaitannya banyak sekali," ucap mantan Wakil Bupati Jembrana ini. Untuk diketahui dalam lomba mixology arak Bali yang digelar DPC PDIP Jembrana ini, juara pertama diraih I Kadek Erik Handika dengan kreasi sajian cocktail 'Mabarung'. Cocktail 'Mabarung' ini mengkombinasikan arak Bali dengan liquer kopi, nanas, jeruk nipis, dan gula. Sedangkan juara kedua diraih Gede Eka Priatna, dengan sajian cocktail 'Celagi Asam Manis', berupa kombinasi arak Bali dengan buah celagi, madu, lemon, dan jeruk nipis. Sementara juara ketiga diraih Dewa Gede Andyka Suryatama, dengan sajian cocktail 'Sajeng Patala' berupa kombinasi arak Bali dengan buah pisang, selai jeruk, lemon, dan santan. *ode

Komentar