nusabali

KMHDI Palembang Gelar Diklat

  • www.nusabali.com-kmhdi-palembang-gelar-diklat

JAKARTA, NusaBali
KMHDI PC Kota Palembang, Sumatera Selatan menggelar Diklat Kewirausahaan dan Administrasi di Pura Agung Sriwijaya dari 3-4 April 2021.

Ketua KMHDI PC Kota Palembang I Wayan Sugita mengatakan, ada 50 kader KMHDI mengikuti Diklat tersebut. Mereka juga mengundang organisasi pemuda lainnya untuk ikut guna menjalin silaturahmi.


"Kami menggelar Diklat untuk memberi pembekalan kepada para kader KMHDI mengenai kewirausahaan. Dengan begitu, mereka tidak selalu berpikir lulus kuliah mencari pekerjaan. Namun mampu berwiraswasta," ujar Wayan Sugita kepada NusaBali usai Diklat hari pertama, Sabtu (3/4).

Diklat menghadirkan tiga narasumber yang ahli di bidangnya. Yaitu Kepala Dinas Koperasi dan UKM Palembang Dr Ir Hj Anaheryana MT, CEO Digital Creatif Malian Zikri dan Owner of Brayamart IBP Suniatmaja. Sugita mengatakan, selama Diklat berlangsung, para peserta sangat antusias mengikuti.

Bahkan mereka melayangkan sejumlah pertanyaan agar bisa berwiraswata. Antara lain, apakah perlu modal uang terlebih dahulu agar bisa membuka usaha. Rata-rata, kata pria yang baru saja lulus dari S1 jurusan agro teknologi pertanian Universitas Taman Siswa ini, narasumber menyatakan modal awal adalah niat dan kemauan.

Bila itu sudah dimiliki akan memudahkan seseorang menjadi wiraswasta. Kemudian buka usaha sesuai dengan hobi agar lebih memudahkan mereka menjalani seperti membuka biro perjalanan bagi orang yang menyukai traveling. Kemudian buka toko alat-alat olahraga bagi yang menyukai olahraga.

"Dengan membuka usaha sesuai hobi akan lebih enak menjalani ketimbang membuka usaha yang tidak sesuai hobi. Terlebih, jika kita tidak menguasai dan mengetahui akan bingung menjalaninya kelak," papar Sugita.

Sugita berharap besar, dengan Diklat selama dua hari para kader KMHDI lebih bersemangat dan tidak hanya berpikir hidup mencari pekerjaan saja. Melainkan turut menciptakan lapangan pekerjaan sejak dini demi membantu perekonomian keluarga maupun negara. *k22

Komentar