nusabali

AP I Catat Kenaikan 68 Persen

Pergerakan Penumpang dan Pesawat di Bandara Maret 2021

  • www.nusabali.com-ap-i-catat-kenaikan-68-persen

MANGUPURA, NusaBali
Sepanjang periode Maret 2021, pergerakan penumpang dan pesawat di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Kelurahan Tuban, Kecamatan Kuta, Badung, mengalami peningkatan cukup signifikan.

Jika dibandingkan dengan periode Februari 2021, pada Maret 2021 ini meningkat sebesar 68 persen. General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Herry AY Sikado, mengatakan selama periode Maret 2021, Bandara Ngurah Rai, melayani 264.070 penumpang atau naik 68 persen dari periode bulan sebelumnya. Adapun total keseluruhan sebanyak 134.558 penumpang yang masuk Pulau Dewata, sedangkan 129.512 penumpang yang meninggalkan Pulau Dewata.

“Pergerakan pada Maret 2021, menunjukan trend positif, jika dibandingkan dengan Februari 2021. Tercatat kenaikan sebesar 63 persen pada rute keberangkatan dan 74 persen pada rute kedatangan,” kata Herry, Minggu (4/4) sore.

Masih menurut Herry, terkait trafik penumpang harian terbanyak selama Maret 2021, terjadi pada tanggal 28 Maret 2021, dengan melayani 11.776 penumpang, dengan tiga rute tujuan yang paling dimonan seperti Jakarta, Surabaya, dan Lombok. “Meningkatnya statistik pergerakan lalu lintas penumpang, maka pesawat udara yang mengangkut juga mengalami kenaikan sebanyak 2.845 pergerakan, dengan rincian pada rute kedatangan pesawat 1.416 pergerakan, sedangkan rute keberangkatan 1.429 pergerakan pesawat,” urai Herry.

Selama periode satu bulan itu, pergerakan penumpang dan pesawat tercatat hanya penumpang dan pesawat domestic. Hal ini karena belum bukanya penerbangan internasional, sesuai aturan pemerintah melalui Satuan Tugas Covid-19, dalam mengantisipasi pandemi Covid-19.

“Kami memastikan dengan adanya kenaikan statistik pada Maret 2021, baik penumpang maupun pergerakan pesawat, Bandar Ngurah Rai tetap menjaga tingkat layanan, terlebih dalam penerapan protokol kesehatan (prokes) sesuai prosedur,” imbuh Herry.

Herry juga mengimbau, agar seluruh pengguna jasa agar tetap mengutamakan prokes dengan menggunakan masker, menjaga jarak, dan rutin mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer. “Peningkatan pergerakan ini selaras juga dengan penerapan prokes saat ini. Kami selalu melakukan pemantauan di area bandara, agar penerapan prokes tetap maksimal,” tegasnya. *dar

Komentar