nusabali

Tabanan Targetkan Vaksinasi Rebies 71.062 Anjing

  • www.nusabali.com-tabanan-targetkan-vaksinasi-rebies-71062-anjing

TABANAN, NusaBali
Pemkab Tabanan menargetkan vaksinasi rabies anjing tahun 2021 mencapai 71.062 ekor.

Pemkab telah menyiapkan vaksin dari APBD sebanyak 12.000 dosis dan diback up Pemprov Bali 25.000 dosis.  Kepala Dinas Pertanian Tabanan I Nyoman Budana, didampingi Kasi Kesehatan Hewan (Keswan) Bidang Peternakan Dinas Pertanian Tabanan drh Ni Nengah Pipin Windari mengatakan target vaksinasi anjing 71.062 tersebut akan dituntaskan secara bertahap. Vaksinasi akan dimulai di Desa Wanagiri Kauh, dan Desa Berembeng, Kecamatan Selemadeg. Karena di desa ini tahun 2020 terdata ada kasus positif rabies. "Target anjing yang divaksin tahun ini sama dengan tahun lalu. Karena melihat dari estimasi populasi anjing," tegasnya, Jumat (2/4).

Kata dia, vaksinasi anjing tahun 2021, Tabanan menyiapkan vaksin 12.000 dosis yang dianggarkan dari APBD Tabanan. Karena jumlah tersebut pasti kurang melihat target vaksinasi anjing mencapai 71.062 ekor,  Tabanan meminta bantuan kepada Pemprov Bali 25.000 dosis.

Dia mengharapkan, meski sedang pandemi Covid-19,  masyarakat agar tetap waspada akan ancaman rabies. Sebab, keberadaan rabies sampai saat ini masih ada di Bali. Untuk itu dia meminta masyarakat tidak meliarkan anjing peliharaan. "Ikat atau kandangkan dan rawat dengan baik. Jangan diliarkan," pintanya.

Jelasnya, target vaksinasi anjing mencapai 71.062 ekor di tahun 2020 sudah dilakukan terjadwal. Mengingat sedang pandemi dan dilarang menggelar kerumunan di banjar-banjar. Jika memungkinkan akan menyasar ke rumah-rumah. "Dari Januari hingga awal April ini, kami belum temukan kasus positif anjing rabies," tandas Budana. *des

Komentar