nusabali

Kesbangpol Gelar Koordinasi Keumatan

Antisipasi Konflik Sosial di Klungkung

  • www.nusabali.com-kesbangpol-gelar-koordinasi-keumatan

SEMARAPURA, NusaBali
Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Klungkung menggelar rapat koordinasi menjaga kerukunan umat beragama di Klungkung.

Rapat berlangsung di ruang rapat Praja Mandala Kantor Bupati Klungkung, Kamis (1/4). Hadir, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta. Kepala Kesbangpol Klungkung I Gede Kusumajaya, Ketua FKUB Kabupaten Klungkung I Gusti Made Warsika, Bendesa Madya Majelis Desa Adat Kabupaten Klungkung I Dewa Made Tirta dan undangan lainnya.

Kepala Kesbangpol Klungkung I Gede Kusumajaya menjelaskan rapat ini untuk menjalin komunikasi antar umat beragama agar tetap bersinergi, saling menghormati satu dengan yang lain. "Bulan April ini banyak sekali kegiatan keagamaan, melalui rapat kali ini terjalin komunikasi agar Kabupaten Klungkung tetap aman dan damai," ujar Gede Kusumajaya.

Disamping itu, kata dia, terkait pelaksanaan perayaan hari raya di masing-masing umat beragama di Kabupaten Klungkung,  diharapkan dalam melaksanakan perayaan tersebut tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Kerukunan dan toleransi antar umat beragama di Kabupaten Klungkung mendapat apresiasi dari Kementerian Agama (Kemenag) RI. Kemenag RI menganugerahi Pemkab Klungkung dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Klungkung penghargaan Harmony Award 2020.

Bupati Suwirta dalam arahannya, mengatakan proses pencegahan harus selalu dilakukan sebelum hal yang tidak kita inginkan terjadi. Sementara situasi terkini di Kabupaten Klungkung menunjukan masih kondusif. "Mari kita jaga bersama - sama situasi aman ini," ujar Bupati Suwirta.

Bupati mengucapkan terimakasih kepada elemen masyarakat yang sudah mengerti arti penting sebuah kerukunan yang merupakan aset termahal. "Keberagaman ini sangat indah sehingga harus terus dijaga dan dirawat dengan baik sehingga terwujud kehidupan yang harmonis di tengah masyarakat,” imbuhnya. *wan

Komentar