nusabali

Masan Nganten, 28 Akta Kawi Smara Diterbitkan

  • www.nusabali.com-masan-nganten-28-akta-kawi-smara-diterbitkan

SEMARAPURA, NusaBali
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukacpil) Klungkung menerbitkan 28 akta  Kawi Smara (pemberian langsung akta perkawinan), Jumat (2/4).

Penerbitan akta ini karena berapa hari menjelang Galungan, Buda Kliwon Dungulan, Rabu (14/4) nanti merupakan masan nganten (musim upacara perkawinan).

Sebagian dari 28 akta itu iserahkan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dan Wakil Bupati klungkung I Made Kasta, dalam  waktu dan tempat terpisah, Jumat kemarin.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta bersama Ny Ayu Suwirta, didampingi staf dari Disdukcapil Klungkung menyerahkan kutipan

Kawi Smara kepada pasangan I Made Adiyasa dengan Luh Hendrawati di Banjar Tribuana, Desa Kusamba, Kecamatan Dawan.

Pasangan I Putu Surya Ardikha dengan Ni Wayan Asma Nira Yustika di Dusun Kangin, Desa Tusan, Kecamatan Banjarangkan,  dan pasangan Pande Kadek Jaya Putra dengan Ni Komang Tri Martyaningrum di Jalan Bukit Sari, Dusun Kelod, Desa Lembongan, Nusa Penida.

Upacara yang berlangsung di tengah pendemi Covid-19 ini diharapkan tetap mengikuti protokol kesehatan (prokes) dengan sebaik-baiknya. "Kami berpesan agar warga taat mengurus administrasi kependudukan untuk validnya data kependudukan," kata Bupati Suwirta.

Kawi Smara merupakan sebuah program Inovasi dari Pemkab Klungkung melalui Disdukcapil dalam meningkatkan cakupan kepemilikan akta perkawinan. Syarat pertama yang harus dipenuhi oleh seorang mempelai yakni memiliki akta kelahiran, sehingga dengan Kawi Smara ini mempelai langsung mendapatkan akta perkawinan begitu upacara perkawinan selesai dilakukan. "Selain itu, Kawi Smara juga dapat berfungsi juga untuk memotong rantai birokrasi dalam pengurusan akta perkawinan," ujar Bupati Suwirta.

Di tempat terpisah, Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta didampingi Ny Sri Kasta bersama Disdukcapil Klungkung menyerahkan Kawi Smara berupa akta perkawinan, kartu keluarga dan KTPA kepada pasangan Komang Ariwibawa dengan Luh Made Mira Juniari di Dusun Blatung, Desa Persinggahan, Kecamatan Dawan, pasangan Taga Rusmawan dengan Ni Komang Febriyanti di Banjar Lebah, Kelurahan Semarapura Kangin, Apasangan Komang Putra Mahendra dengan Luh Made Septiana Dewi, di Kelurahan Semarapura Kelod Kangin, pasangan Kadek Suarjaya dengan Kadek Ari Setiawati di Kelurahan Semarapura Kelod Kangin.

Pasangan Ketut Sumiartana dengan Ni Kadek Riantini di Banjar Sangging Desa Akah, pasangan Putu Bagus Arya Bhismantara dengan Luh Gede Diah Ary Pradnyaswari di Desa Pesinggahan Kecamatan Dawan, dan lainnya. *wan

Komentar