nusabali

Jelang Pemilu 2024, Data Pemilih Gianyar Naik

  • www.nusabali.com-jelang-pemilu-2024-data-pemilih-gianyar-naik

GIANYAR, NusaBali
Jelang Pemilu 2024, jumlah data pemilih di Kabupaten Gianyar meningkat dibanding jumlah Pemilu 2019.

Hal itu terungkap dalam daftar pemuktahiran daftar pemilih berkelanjutan pada Maret 2021. Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Gianyar, I Wayan Hartawan, menyatakan validasi terhadap data pemilih tetap dijalankan. "Setiap bulan data pemilih divalidasi. Untuk keperluan Pilkada dan Pemilu selanjutnya," ujar Hartawan, Kamis (1/4).

Kata Hartawan, pemuktahiran data ini berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil bersama TNI dan Polres Gianyar. "Data untuk pemilu 2024 harus sevalid dan seakurat mungkin," jelasnya.

Berdasarkan data Pemilu 2019, jumlah pemilih di Gianyar sebanyak 370.030. "Hasil pemuktahiran terakhir Maret 2021, sebanyak 370.972 pemilih. Itu pleno terakhir. Jumlahnya meningkat sekian ratus orang," jelasnya.

Hartawan menambahkan, peningkatan jumlah pemilih dari munculnya pemilih pemula. "Ada juga TNI/Polri yang purna tugas (pensiun). Jumlah itu juga sudah dikurangi yang meninggal dunia," terangnya. Lanjut Hartawan, data ini akan terus bergulir tiap bulan, hingga tahapan Pilkada maupun Pemilu berlangsung. "Data akan terus berkembang. Jumlahnya naik turun. Ini fluktuatif," jelasnya.

Di samping itu, perkembangan data karena mobilitas penduduk. Pindah domisili hingga menikah dari luar ke Gianyar. "Kami mengecek data TMS (Tidak Memenuhi Syarat). Yang memasuki syarat berusia 17 tahun, purna tugas, TNI/Polri. Warga luar Gianyar menikah ke Gianyar," terangnya.

Dengan TMS tersebut, warga pun bisa memiliki hak pilih. "Sehingga penuhi syarat memilih di Gianyar. Jadi ketika 2024, sudah siap," jelas Hartawan. Sebelumnya diberitakan, Komisi I DPRD Gianyar melaksanakan rapat kerja dengan KPU Gianyar, Badan Pusat Statistik dan Disdukcapil Gianyar, Rabu (17/3). Dalam raker terungkap bila penduduk Kabupaten Gianyar melebihi 500.000 jiwa saat diadakan Coklit kependudukan nanti oleh KPU Gianyar.

Di hadapan Komisi I, Kadisdukcapil Gianyar Putu Gede Bhayangkara mengungkapkan jumlah penduduk Gianyar sampai Februari 2021 sebanyak 504.012 jiwa.

Sedangkan wajib KTP sejumlah 388.316 jiwa dan belum melakukan perekaman sebanyak 24.827 jiwa. Dengan komposisi penambahan penduduk rata-rata 7.400 jiwa per tahun, maka jumlah penduduk Gianyar di tahun 2024 diprediksi 522.000 jiwa. *nvi

Komentar