nusabali

Pandemi, Festival Klungkung 2021 Dicoret

  • www.nusabali.com-pandemi-festival-klungkung-2021-dicoret

Jika sebelumnya Nusa Penida Festival rencananya digelar selama empat hari, kini dipersingkat hanya satu hari.

SEMARAPURA, NusaBali

Pemkab Klungkung menganggarkan sejumlah festival untuk tahun 2021. Namun, karena masih kondisi pandemi Covid-19, Pemkab terpaksa mencoret pelaksanaan Festival Klungkung 2021.

Pemkab hanya mempertahankan pelaksanaan Nusa Penida Festival 2021 di Nusa Ceningan, Kecamatan Nusa Penida, 4 - 8 Oktober 2021.

Karena akan digelar di masa pandemi maka pelaksanaan even itu berdasarkan protokol kesehatan. Target kunjungan langsung saat nus Penida Festival sekitar 100 orang. Warga bisa menyaksikan festival ini secara streaming melalui youtube.

Kabid Pemasaran Pariwisata, Dinas Pariwisata Klungkung Ida Ayu Pujiastuti mengatakan awalnya ada dua festival yang akan digelar di Kabupaten Klungkung sebagai ajang promosi pariwisata tahun 2021. Yakni, Festival Semarapura rencananya digelar 28 April - 2 Mei 2021 dan Festival Nusa Penida, 4 - 8 Oktober 2021. Masing-masing festival dianggarkan Rp 1 miliar.

Namun, karena masih pandemi Covid-19 yang hingga saat ini belum berakhir, Pemkab Klungkung melakukan refocusing untuk memenuhi kebutuhan penanganan Covid-19. Salah satunya yang terkena penyesuaian adalah kegiatan festival. "Festival Semarapura dibatalkan penyelenggaraan tahun 2021," kata Ida Ayu Pujiastuti, Jumat (2/4).

Tak hanya itu, jelas dia, setelah refocusing, Nusa Penida Festival yang akan dilaksanakan dengan anggaran APBD Rp 500 juta. Mengingat anggaran festival yang akan digelar di Nusa Ceinigan, Desa Lembongan, tepatnya di Stage Ceningan itu, terkoreksi hingga 50 persen, maka sejumlah kegiatan ditiadakan. "Jika sebelumnya Nusa Penida Festival rencananya digelar selama empat hari, kini dipersingkat hanya satu hari saja," katanya.

Kata dia, kegiatan touring travel agent, pementasan artis nasional, kesenian massal dan sejumlah perlombaan yang juga ditiadakan. Dalam Nusa Penida Festival itu nantinya akan digelar kegiatan bersih pantai, transplantasi terumbu karang, atraksi budaya Sang Hyang Jaran, lomba fotografi promosi destinasi, dan pementasan kesenian. *wan

Komentar