nusabali

2024, Semua Desa Terhubung Internet

  • www.nusabali.com-2024-semua-desa-terhubung-internet

JAKARTA, NusaBali
Menteri Riset dan Teknologi Bambang Brodjonegoro mengatakan, pemerintah menargetkan hingga tahun 2024 seluruh desa yang ada di Indonesia bisa terhubung Internet.

Hal ini, kata dia, merupakan salah satu bentuk dukungan pemerintah untuk mendorong akselerasi pemanfaatan layanan digital.

"Target kita hingga tahun 2024 atau selama 5 tahun pemerintahan ini, setidaknya kami bisa menghubungkan seluruh desa di Indonesia dengan layanan internet," ujar Bambang dalam diskusi webinar With the Economist yang disiarkan secara virtual, seperti dilansir kompas.com, Rabu (31/3).

Salah satu cara untuk mencapai target tersebut yakni dengan memastikan setiap desa sudah terafiliasi koneksi internet dan sistemnya bisa dikembangkan sesegera mungkin. Lalu, pemerintah akan terus bergerak dan menembus desa-desa yang lain untuk memastikan bahwa semua desa di pelosok daerah dipastikan sudah memiliki jaringan internet.

Bambang mengakui, memang Indonesia masih jauh dari penetrasi ekonomi digital jika dibandingkan dengan negara-negara lain. Namun, saat ini Indonesia sedang mengalami transformasi digital yang cukup cepat.

"Jadi ketika ditanya seberapa siap Indonesia dalam memanfaatkan digitalisasi ekonomi, saya rasa cukup siap. Kita berusaha untuk mempercepat adopsi digital," jelas dia.

Selain itu, Bambang juga menjelaskan, UMKM Indonesia juga mulai terjun ke platform digital. Dia menyebutkan, ada 12 juta UMKM yang sudah masuk dan memanfaatkan digitalisasi.

Memang, angka ini masih kecil dari total keseluruhan jumlah UMKM yang ada di Indonesia. Oleh sebab itu, pemerintah saat ini tengah mendorong berbagai upaya agar UMKM bisa memanfaatkan platform digital.

"Pandemi ini menutup sebagian besar usaha para UMKM, oleh sebab itu adopsi internet bisa menjadi salah satu jawaban agar usaha mereka terus berkembang. Mereka bisa masuk ke platform e-commerce dan menemukan lebih banyak pasar," kata Bambang. *

Komentar