nusabali

Gubernur Bali dan Gubernur NTB Sepakati 6 Bidang Kerja Sama

Koster-Zulkieflimansyah Janji Saling Dukung Pembangunan Daerah

  • www.nusabali.com-gubernur-bali-dan-gubernur-ntb-sepakati-6-bidang-kerja-sama

DENPASAR, NusaBali
Gubernur Bali Wayan Koster dan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) H Zulkieflimansyah menandatangani kesepakatan bersama atas nama Pemerintah Provinsi Bali dengan Pemerintah Provinsi NTB, meliputi 6 bidang pembangunan.

Kerjasama tersebut ditandatangani dalam pertemuan kedua pejabat yang notabene kawan lama saat sama-sama sebagai anggota DPR RI ini, di Gedung Bale Gajah, Komplek Rumah Jabatan Jaya Sabha, Jalan Surapati Nomor 1 Denpasar, pada Buda Umanis Julungwangi, Rabu (31/3) siang.

Enam bidang yang menjadi kesepakatan bersama antara Pemprov Bali dan Pemprov NTB, meliputi pariwisata, perindustrian dan perdagangan, koperasi dan usaha kecil menengah, perhubungan, kelautan dan perikanan, serta pertanian dan ketahanan pangan. Gubernur Koster dan Gubernur Zulkieflimansyah kemarin didampingi para OPD (organisasi perangkat daerah) yang terkait dengan bidang-bidang yang dikerjasamakan.

Dari kesepakatan tersebut, Kepala OPD di lingkungan Pemprov Bali dan Pemprov NTB seperti Dinas Pariwisata, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Koperasi UKM, Dinas Perhubungan, Dinas Kelautan dan Perikanan, serta Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, ikut serta melakukan penandatanganan kesepakatan bersama yang disaksikan oleh Gubernur Koster dan Gubernur Zulkieflimansyah.

Gubernur Koster menyampaikan Bali dan NTB dengan keunikan dan kelebihannya masing-masing, jika ingin lebih maju dan terus meningkat secara ekonomi, harus dibangun secara bersama-sama melalui satu jalinan kerja sama.

“Masing-masing daerah di Indonesia memiliki ciri khas yang bisa ditonjolkan, begitu pula Bali dan NTB yang memiliki keunikan dan keunggulan tersendiri yang bisa menjadi peluang untuk diberdayakan secara bersama-sama. Jadi kita mengedepankan bagaimana membangun daerah secara bersama-sama dan saling mengisi dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Bali dan NTB,” ujar Gubernur Koster di hadapan Zulkieflimansyah.

Gubernur Koster menyampaikan banyak peluang yang bisa dikerjasamakan antara Bali–NTB, jika dilihat dari sisi historis dan geografis yang berdekatan. “Saya kira ini rencana bagus, sekarang kita rintis dan berharap bisa menjadi nyata dan konkret, agar bisa menjadi percontohan bagi provinsi lain. Jangan sampai sekarang kita teken-teken (tanda tangan), setelah itu tidak ada tindak lanjut lagi. Melalui momen ini, harus benar-benar ada tindak lanjut nyata yang bermanfaat bagi masyarakat di kedua provinsi,” kata Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali ini, seraya meminta para kepala OPD terkait agar segera menindaklanjuti penandatanganan kesepakatan bersama tersebut dengan membahas program-program yang dikerjasamakan.

Gubernur Zulkieflimansyah menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas peluang kerja sama yang bisa diciptakan bersama Provinsi Bali di bawah kepemimpinan Gubernur Koster.

“Terima kasih atas waktu dan kesempatannya, mudah-mudahan bisa terwujud sesuai harapan kita bersama. Tidak perlu lagi diperintahkan, kita sepakat kalau sampai tiga bulan ke depan tidak ada progress yang konkret, kami akan evaluasi lagi jajaran kami,” ujar mantan anggota Komisi VII DPR RI ini. *nat

Komentar