nusabali

Dinas PKP Bangli Yakin Stok Babi Galungan Aman

  • www.nusabali.com-dinas-pkp-bangli-yakin-stok-babi-galungan-aman

BANGL, NusaBali
Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (PKP) Bangli yakin stok babi di Bangli aman untuk Hari Raya Galungan.

Estimasi babi yang disembelih saat Penampahan Galungan mencapai 1.200 ekor di empat kecamatan. Sementara jumlah babi di Kabupaten Bangli sebanyak 3.248 ekor.

Kasi Kesmavet Dinas PKP Bangli, AA Istri Kartika Dewi, mengatakan sejauh ini ketersediaan babi tergolong aman. Dari hasil pendataan, ketersediaan babi di Bangli untuk Hari Raya Galungan dan Kuningan sebanyak 3.248 ekor. Jumlah tersebut merata di masing-masing kecamatan. Sementara estimasi pemotongan babi 1.249 ekor. “Jumlah pasti babi yang akan dipotong belum dapat dipastikan. Kami pakai estimasi, karena datanya terus bergerak,” ungkap Agung Kartika, Rabu (31/3).

Lokasi pemotongan babi sekitar 16 titik dalam kapasitas besar. Harga babi hidup kisaran Rp 43 ribu -Rp 44 ribu per kilogram. Sedangkan daging babi di pasaran kisaran Rp 93 ribu per kilogram. Tidak menutup kemungkinan harga daging babi merangkak naik seiring bertambahnya permintaan. “Jika permintaan tinggi sudah pasti harga bisa naik. Tidak ada batas harga atau net daging babi,” jelas Agung Kartika.

Menurut Agung Kartika, lonjakan harga daging babi karena minimnya ketersediaan babi. Sebelumnya banyak babi mati, imbasnya terjadi pengosongan kandang. Belakangan ini kegiatan peternakan babi mulai meningkat. “Kami pantau banyak peternak yang sudah memulai memelihara babi. Sebelumnya mereka berhenti sementara memelihara babi,” imbuhnya. *esa

Komentar