nusabali

Wabup Patriana Hadiri Pujawali di Pura Pesimpangan Besakih

  • www.nusabali.com-wabup-patriana-hadiri-pujawali-di-pura-pesimpangan-besakih

NEGARA, NusaBali
Puncak Karya Pujawali di Pura Pesimpangan, Desa  Besakih, Kecamatan Rendang, Karangasem, jatuh pada Anggara Kliwon Julungwangi, Selasa (30/3).

Bertepatan dengan puncak karya, Wakil Bupati (Wabup) Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna  bersama istri, Ny Inda Patriana, para Asisten Setda dan sejumlah kepala OPD Pemkab Jembrana, hadir ngaturan bhakti di pura setempat.

Pamangku Pura Pesimpangan Besakih I Gusti Ngurah Putu Astika mengatakan, pujawali kali ini  berlangsung selama 2 hari. Setelah puncak karya Selasa kemarin, dilanjutkan Panyineban pada Rabu (31/3) ini. “Meski di tengah pandemi, pujawali kita laksanakan selama dua hari hingga panyineban Rabu besok. Namun selama pujawali, kita tetap terapkan prokes (protokol kesehatan),” ujarnya.

Terkait dengan tingkat upakara, Mangku Astika mengatakan menggunkan banten Bebangkit Sekar Taman Pula Gembal. “Untuk tingkatan upakara tetap kita haturkan upakara bebangkit. Namun sebelumnya, prosesi kita awali dengan melakukan pecaruan dengan tingkatn caru manca sata. Seluruh rangkaian upakara dipuput oleh Ida  Pedanda Gede Manu Sangkan Gunung dari Grya Sidan, Karangasem,”ujarnya.

Usai menghaturkan bhakti, Wabup Patriana mengatakan, kehadirannya dalam upacara pujawali ini merupakan bentuk sujud bhakti kehadapan Ida Bathara yang berstana di Pura Pesimpangan Besakih ini. “Tentu kehadiran kami beserta rombongan dari Pemkab Jemrana ini, untuk diberikan keselamatan. Untuk menghaturkan bhakti kehadapan Ida Hyang yang berstana di Pura Pesimpangan Besakih,” ujarnya.

Wabup Patriana berharap, melalui pujawali ini, krama umat selalu diberikan kedamaian. “Kita selalu berdoa kehadapan Ida Hyang dalam segala manipestai, agar umat dan segala ciptaannya dapat diberikan keselamatan,” ucapnya. *ode

Komentar