nusabali

Bangli Hanya Ikut Lima Materi di PKB

  • www.nusabali.com-bangli-hanya-ikut-lima-materi-di-pkb

BANGLI, NusaBali
Pemkab Bangli akan mengikuti beberapa materi dalam pagelaran Pesta Kesenian Bali (PKB) tahun 2021.

Dari puluhan materi yang digelar, Bangli hanya bisa mengikuti 5 materi karena terbatasnya anggaran. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bangli telah mengajukan surat izin ke Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 agar bisa memulai latihan untuk PKB.

Kabid Kesenian Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bangli, I Wayan Sudrawan, mengatakan PKB tahun ini tetap dilaksanakan dengan protokol kesehatan. Bangli hanya mengikuti parade gong kebyar dewasa, parade gong kebyar anak-anak, lomba keputrian, lomba bapang barong dan makendang tunggal, serta parade gong kebyar wanita. “Satu materi yakni pagelaran palegongan iringan semar pegulingan didanai dari provinsi,” jelas Wayan Sudrawan, Senin (29/3).

Imbas refocusing anggaran, maka tidak semua materi PKB bisa diikuti. Sebelumnya anggaran dari Bantuan Keuangan Khusus (BKK) untuk setiap kabuaten/kota sebesar Rp 750 juta. Setelah direfocusing, anggaran menjadi Rp 500 juta. Sedangkan anggaran dari Dana Intensif Daerah (DID) Rp 249 juta. Sehingga total anggaran untuk PKB sekitar Rp 740 juta.

Menurut Wayan Sudrawan, karena anggaran terbatas ada materi yang dipangkas. Contohnya materi parade gong kebyar dewasa diplot anggaran Rp 230 juta. “Dengan ketersediaan anggaran tersebut, ada materi yang dikurangi seperti misalnya tidak berisi fragmentari,” jelasnya. Untuk persiapan, sudah mengajukan surat izin atau permohonan ke Gugus Tugas Percepatanan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Bangli. “Jika rekomendasi turun, latihan dapat dimulai,” imbuhnya. *esa

Komentar