nusabali

Warga Serai Dapat Santunan Kematian

  • www.nusabali.com-warga-serai-dapat-santunan-kematian

BANGLI, NusaBali
Pemerintah Desa Serai, Kecamatan Kintamani, Bangli berikan santunan kematian sebesar Rp 750.000 kepada warganya yang meninggal dunia.

Santunan kematian bersumber daari keuntungan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Santunan kematian dimulai sejak Januari 2021. Perbekel Desa Serai, I Wayan Teken, telah dua kali mencairkan dana santunan kematian untuk bulan Januari dan Februari.

Perbekel Desa Serai, I Wayan Teken, mengungkapkan besaran santunan disesuaikan dengan kemampuan dan melalui kajian. Dalam setahun, santunan kematian dianggarkan Rp 9 juta. “Besaran santunan dilihat dari angka kematian pada tahun sebelumnya,” ujar Wayan Teken, Senin (29/3). Santunan kematian memanfaatkan dana sosial BUMDes. Dana tersebut merupakan keuntungan dari usaha yang dikembangkan oleh BUMDes.

BUMDes Serai bergerak di simpan pinjam, pertokoan, dan penyediaan air bersih. Santunan diberikan secara merata, tidak memandang dari keluarga mampu ataupun tidak mampu. Perbekel Wayan Teken menambahkan, program santunan kematian sejalan dengan visi misi Bupati Bangli. Beberapa program untuk pengembangan desa dan meningkatkan perekonomian warga seperti melakukan kerja sama agar pemuda Serai bisa bekerja ke luar negeri. “Lumayan banyak pemuda kami yang bekerja ke luar negeri,” ungkap Wayan Teken. *esa

Komentar