nusabali

Banyak Buang Peluang, Belanda Menang 2-0

  • www.nusabali.com-banyak-buang-peluang-belanda-menang-2-0

AMSTERDAM, NusaBali
Punya banyak peluang, Timnas Belanda susah payah mengalahkan Latvia 2-0, pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup J, di Johan Cruyff ArenA, Minggu (28/3) dinihari Wita.

Padahal De Oranje seharusnya menang lebih besar jika melihat peluang yang dimiliki. Lalu Turki melanjutkan kemenangan atas Norwegia 3-0.

Pada laga itu, Belanda tampil agresif dan melepaskan banyak peluang, karena lawannya (Latvia) bukan tim selevel,. Namun Belanda hanya unggul 1-0 lewat gol Steven Berghuis di menit ke-32. Lalu menambah satu gol di babak kedua, di menit ke-69 lewat Luuk de Jong.

Itu gol perdana De Jong untuk Belanda, setelah terakhir mencetaknya pada 2016. Belanda meraih tiga poin dan kepercayaan diri para pemain otomatis meningkat, tapi mereka memiliki kekecewaan di balik itu.

Menurut Berghuis, Belanda terlalu banyak membuang peluang pada laga lawan Latvia. Sebab dari statistik UEFA, Belanda punya total 35 attempts, dengan 9 on target. Apalagi di babak pertama, Belanda punya dua peluang emas dari De Jong dan Davy Klaassen yang menerpa mistar.

"Sukar dipercaya, kami cuma unggul 1-0 setelah babak pertama. Saya sangat bangga dengan ini dan senang. Kerja keras untuk mendapatkan ini. Saya ingin jadi bagian penting Oranje," kata Steven Berghuis, yang membela Feyenoord itu.

Hasil itu membuat Belanda sementara naik ke posisi ketiga klasemen dengan tiga poin, unggul jumlah gol atas Norwegia di posisi keempat. Sedangkan Latvia di posisi kelima dengan nirpoin.

Sementara Turki meraih poin sempurna saat mempermalukan Norwegia 3-0, di lokasi netral di Stadion La Rosadela, Spanyol pada Minggu dinihari Wita. Dengan kemenangan ini, Turki di puncak klasemen Grup G zona Eropa dengan enam poin. Sedangkan Norwegia turun ke peringkat keempat dengan tiga poin.

Norwegia bertanding dengan 10 pemain di menit ke-80 setelah pemain pengganti Kristian Thorstvedt diusir wasit akibat melakukan pelanggaran berbahayanya ke Caner Erkin. Unggul jumlah pemain, Turki berupaya menambah keunggulan di sisa waktu. Namun, hingga laga tuntas, skor 3-0 untuk skuad asuhan Senol Gunes. *ant

Komentar