nusabali

Pedagang di Pasar Seni Mulai Magarus

  • www.nusabali.com-pedagang-di-pasar-seni-mulai-magarus

GIANYAR, NusaBali
778 pedagang di los dan 24 pedagang di kios Pasar Seni Sukawati, Desa/Kecamatan Sukawati, Gianyar, mulai berjualan di pasar dengan gedung baru, Minggu (28/3).

Para pedagang khususnya kain mulai dapat magarus (jualan awal untuk pelaris). Sedangkan pedagang lukisan kebanyakan bengong karena tak ada pembeli. Seperti diakui I Kadek Putra Sunaya yang menjual aneka kain. Dia berjualan di lantai 2. "Ya lebih ramai suasananya. Mudah-mudahan terus begini," harapnya. Menurutnya, suasana gedung menjadi daya tarik kunjungan masyarakat. "Banyak yang datang, keliling-keliling gedung dulu, baru belanja," imbuhnya.

Salah satu pengunjung, Komang Trisna merasa ingin mengetahui suasana pasar baru. "Kesini buat jalan-jalan, foto-foto. Kalau ada tertarik baru belanja," ungkapnya.

Hanya saja para pedagang di lantai dasar belum merasakan peningkatan kunjungan. Pedagang khusus lukisan ini berharap pengunjung tidak hanya fokus di lantai 1 atau 2 saja. Pedagang lain, Made Weju, pedagang suvernir di lantai I sangat gembira bisa menempati gedung baru. Selasa (23/3) - Jumat (26/3), dia mengangkut barang dagangan secara bertahap dari Lapangan Sutasoma, Desa Batuan, ke Gedung Pasar Seni Sukawati yang baru. "Pengelola pasar memberikan rentang pemindahan barang cukup leluasa sampai Sabtu (27/3)," tegas Weju.

Kata dia, gedung baru Pasar Seni Sukawati ini representatif untuk kenyamanan pengunjung. Hanya saja pedagang dituntut pintar memajang barang dagangan. "Barang yang dipajang mesti pilah dan sisanya mesti disimpan rak penyimpanan," tegasnya.

Weju juga berharap ke depan ada penambahan transaksi penjualan. Walaupun sistem zonasi, pedagang memiliki strategi tersendiri untuk berjualan tidak mesti perang harga melainkan mengedepankan keramahan layanan. " Wisatawan domestik dan mancanegara setelah berkunjung ke Ubud atau Kintamani selanjutnya bisa singgah ke Pasar Seni Sukawati ," tambahnya.

Kepala Pasar Seni Sukawati Anak Agung Gede Raka Wibawa mengatakan sesuai arahan Disperindag Gianyar para pedagang menempati gedung baru sesuai dengan zonasi yang telah disepakati. Dia menambahkan para pedagang yang akan menempati Pasar Sukawati Blok A dan Blok B tetap sama 778 pedagang los dan 24 pedagang kios. Kadisperindag Gianyar Luh Gede Eka Suary mengatakan Pasar Seni Sukawati setiap hari buka 08.00 - 17.00 Wita. *nvi

Komentar